421 Penumpang Kapal Putih Diswab PCR

Satgas Covid-19 Kota Jayapura lakukan tes Swab PCR terhadap 421 penumpang asal luar Papua di Pelabuhan Laut Jayapura, Kamis (17/6) malam. (Humas Polresta Jayapura Kota for Cepos)

JAYAPURA – Satgas Covid-19 Kota Jayapura lakukan tes Swab PCR terhadap 421 penumpang asal luar Papua di Pelabuhan Laut Jayapura, Kamis (17/6) malam. Para penumpang yang dilakukan tes PCR tersebut berasal dari Penumpang Kapal KM.Sinabung dan KM. Gunung Dempo.
Wakapolresta Jayapura Kota AKBP. Supraptono menjelaskan, tim Satgas Covid-19 Kota intens melaksanakan operasi yustisi khususnya terhadap penumpang yang berasal dari luar Papua dan turun di Pelabuhan Jayapura melalui kapal penumpang atau kapal putih Pelni.
“Dalam operasi yustisi yang dilakukan, tim Satgas Covid-19 Kota Jayapura melakukan pemeriksaan berupa tes Swab PCR terhadap para penumpang yang turun dari Kapal KM.Sinabung pada pukul 19.00 WIT. Sementara dari KM. Gunung Dempo yang masuk di Pelabuhan Jayapura Jumat (18/6) sekira pukul 03.00 WIT,”ucapnya.
Lanjut Wakapolresta, dari total 2.502 penumpang yang turun, sebanyak 421 orang dilakukan tes Swab PCR dan hasilnya akan dikirimkan ke Labkesda Provinsi Papua.
“Untuk teknis kali ini, kami berikan imbauan kepada para penumpang yang dilakukan tes PCR untuk kiranya dapat melakukan isolasi mandiri di tempat tujuan sambil menunggu hasilnya dikeluarkan oleh tim dari labkesda provinsi,” bebernya.
Lanjutnya, bila hasilnya keluar maka tim Satgas Covid-19 Kota Jayapura melalui PPKM Mikro akan menghubungi melalui nomor yang dapat dihubungi dan atau mendatangi lokasi orang tersebut bila dinyatakan positif untuk ditindaklanjuti.
“Diimbau kepada seluruh penumpang juga agar tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan demi kepentingan bersama warga Kota Jayapura,” kata Supraptono.
Kegiatan operasi yustisi di Pelabuhan Jayapura akan terus dilakukan guna mencegah secara dini penyebaran Covid-19 terhadap para penumpang yang baru datang dari luar Papua tujuan Kota Jayapura.
Operasi yustisi covid-19 dipimpin langsung Wakapolresta Jayapura Kota selaku Ketua Bidang Koordinator Penegakkan Hukum AKBP Supraptono, didampingi Kasat Pol PP Kota Jayapura Muchsin Ningkeula, bersama dengan 50 personel aparat gabungan TNI-Polri, Satpol PP Kota Jayapura, Dinas Kesehatan, KKP Pelabuhan dan instansi terkait lainnya. (fia/nat)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *