Pasar Pharaa Sebaiknya Dikelola Pihak Ketiga

Kondisi saluran air di bagian depan Pasar Pharaa Sentani sudah tertutup sampah sehingga tidak berfungsi lagi. Foto ini diambil, Kamis (17/6).(Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Buruknya manajemen penataan dan pengelolaan Pasar Pharaa Sentani, ditambah rendahnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup tertib dan taat aturan, menimbulkan kesan bahwa Pasar Pharaa Sentani sangat minim perhatian dari pemerintah.

Anggota Komisi B DPRD Jayapura, Clief Ohee mengatakan, ada baiknya penataan dan pengelolaan pasar itu tidak lagi diambil alih Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan, tapi dikerjasamakan dengan pihak ketiga yang dinilai layak dan mampu mengelola pasar itu.

“Pendapat kami, pasar itu ke depan tidak lagi dikelola oleh pemerintah daerah, sebaiknya dikelola pihak ketiga,” kata Clief Ohee kepada wartawan di Sentani, Kamis (17/6).

Ketika pihak ketiga yang kelola pasar itu maka pasti akan dilakukan dengan baik. Karena mereka tidak hanya mengejar keuntungan, tapi juga dari sisi penataannya pasti dilakukan dengan baik pula.

“Dari sisi manajemennya, dari sisi pengaturannya, itu lebih profesional,” ujarnya.

Lanjut dia, pemerintah selama ini hanya melakukan pengawasan, tapi mereka tidak mengurus hal teknis. Sampai saat ini penataan dan pengelolaan pasar itu boleh dikatakan sangat buruk. Di mana-mana masih ada sampah yang menumpuk.

“Kalau kita melihat secara holistik, secara keseluruhan memang itu bagian dari manajemen yang buruk. Sehingga kalau kita pihak ketigakan  mata pihak ketiga itu kan sudah punya planning,” ujarnya.

Mulai dari program kerjanya dan rencana pendekatannya seperti apa dan tentunya itu akan disampaikan kepada pemerintah dalam bentuk proposal sehingga itu bisa diseleksi.

Dari situ pemerintah akan menilai apabila ada pihak ketiga yang punya kompetensi baik dan dianggap mampu, barulah diberikan kewenangan untuk menata dan mengelola pasar itu.

“Saya menyarankan supaya itu bisa dikelola oleh pihak ketiga,”pungkasnya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *