BNPB Berikan Penghargaan kepada Cenderawasih Pos

Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Johny Sumbung, SKM, MKes saat menyerahkan penghargaan kepada Pimpinan Redaksi Cenderawasih Pos di ruang redaksi Lantai IV Gedung Graha Pena Papua, Kamis (17/6). (Agung/Cepos)

JAYAPURA-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan penghargaan kepada Cenderawasih Pos, sebagai Media Pendukung Penanganan Covid-19. Piagam penghargaan yang ditandatangani oleh Letjen Doni Monardo ini, diserahkan langsung oleh   Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Johny Sumbung, SKM, MKes kepada Pimpinan Redaksi Cenderawasih Pos di ruang redaksi Lantai IV Gedung Graha Pena Papua, Kamis (17/6).

   Johny Sumbung dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih atas peran Cenderawasih Pos dalam mendukung penangangan Covid-19, dengan melakukan edukasi masyarakat lewat berbagai pemberitaan terkait penangangan Covid-19 di Papua. Sebagai media massa, Cenderawasih Pos diharapkan tetap mengontrol dan mengawasi penanganan Covid-19 ini agar berjalan lebih efektif, dan segera terbebas dari pandemi yang sudah melanda satu tahun lebih.

   Lebih lanjut, mantan Direktur Mitigasi Bencana BNPB ini, juga menyorot sejumlah persoalan di Kota Jayapura yang rawan menimbulkan bencana alam. Jhony menunjuk lokasi pembangunan jembatan Youtefa  dan maraknya pembangunan tempat wisata di sepanjang Holtekam yang telah memberikan dampak besar, terhadap kerusakan ekosistem alam, terutama hutan mangrove.

  “Peran mangrove ini sangat penting, untuk mencegah abrasi dan meredam ombak, terutama bila terjadi bencana,” ungkap Jhony yang datang bersama rombongan.

  Oleh karena itu, Cenderawasih Pos diharapkan juga terus mendorong dan mengedukasi masyarakat maupun pemerintah untuk menjaga lingkungan, untuk meminimalisir terjadinya bencana alam, yang bisa menyebabkan korban jiwa maupun harta benda.

  Sementara itu, Pimred Cenderawasih Pos Lucky Ireeuw menyampaikan terima kasih atas perhatian dan perhargaan yang diberikan BNPB kepada Cenderawasih Pos. Menurutnya, penghargaan ini menjadi motivasi bagi Cenderawasih Pos untuk terus melaksanakan tugas dan fungsinya, baik fungsi informasi, edukasi/pendikan, sesuai fungsinya, baik edukasi, hiburan dan fungsi kontrol  sosial di tengah masyarakat.

  “Kami juga siap bekerjasama dengan semua pihak, termasuk dengan  BNPB untuk mendorong

dan mengedukasi masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana,”ujarnya.

  Sementara itu, Jhony Sumbung menambahkan dalam kunjungannya ke Papua ini, pihaknya bertemu dengan sejumlah pemerintah daerah, baik Provinsi, Kabupaten/Kota Jayapura dan Keerom. Hal ini terkait dengan evaluasi terhadap penyerapan bantuan dana hibah BNPB kepada pemerintah kabupaten/kota ini.

  “Besok (hari ini) kami akan bertemu dengan Pemkab Jayapura, untuk mengevaluasi kendala apa yang dihadapi dalam pemanfaatan dana hibah dari BNPB ini, hingga satu tahun lebih ini masih kecil,” ujar Jhony yang mengaku bantuan hibah yang diberikan sekitar Rp 275 Miliar. (tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *