Sudah Saatnya Koperasi Harus Profesional dan Produktif

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Timothius J. Demetouw didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Jayapura Parson Horota ketika menabuh Tifa sebagai tanda ditutupnya pelatihan manajemen pengelolaan koperasi/KUD, di Aula Hotel Merbau, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (16/6).(Robert Mboik Cepos)

SENTANI– Dinas  Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM)   Kabupaten Jayapura melaksanakan pelatihan manajemen pengelolaan koperasi Tahun 2021 di Aula Hotel Merbau, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (16/6).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM

Kabupaten Jayapura, Parson Horota usai penutupan kegiatan itu mengatakan, tujuan diadakannya pelatihan manajemen pengelolaan koperasi/KUD ini diharapkan segenap pengurus koperasi yang dilibatkan dalam kegiatan itu dapat menerapkan di masing-masing koperasinya.

“Tujuan kita mengadakan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola koperasi/KUD. Karena itu, dari pengamatan kami secara langsung ke lapangan, banyak  koperasi yang lengkap, di mana ada lembaganya, ada strukturnya. Tetapi yang mengelola struktur itu tidak dibekali ilmu yang memadai. Itulah menjadi latar belakang diadakannya pelatihan ini,” terang Parson Horota kepada wartawan, Rabu (16/6).

Dikatakan, kegiatan itu  dilakukan supaya mereka selaku pengelola koperasi dapat mengelola koperasi dengn baik, mengatur manajemennya, mengatur isi koperasi, bagaimana pasarnya, bagaimana barang-barang atau yang dibantu itu bisa bermanfaat bagi anggota maupun pengurus koperasi itu.

“Sudah saatnya koperasi/KUD harus profesional, produktif dan interpreneur,” ujarnya.

Parson juga menyampaikan bahwa pelatihan manajemen ini dibagi dalam dua tahap dan diikuti 80 pengelola dan pengurus koperasi yang ada di empat wilayah pembangunan di Kabupaten Jayapura.

“Pelatihan ini kita bagi dalam dua tahap, di tahap pertama ini diikuti sekitar 40 pengelola atau pengurus koperasi dari wilayah pembangunan I dan II, kemudian di tahap kedua yang direncanakan digelar bulan depan itu diikuti juga sekitar 40 pengelola atau pengurus koperasi yang ada di wilayah pembangunan III dan IV,” tandasnya.

Pihaknya menargetkan, pelatihan kepada pengurus koperasi itu sebanyak 80 pengurus koperasi dari empat wilayah pembangunan di daerah Kabupaten Jayapura.

Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura Timothius J. Demetouw usai menutup kegiatan tersebut mengatakan, Kabupaten Jayapura ini merupakan salah satu klaster penyelenggaraan PON di Provinsi Papua. Tapi, juga  sebagai tuan rumah penyelenggaraan pembukaan maupun penutupan Iven PON XX Papua Tahun 2021.

Dalam semangat itu, pihaknya melihat bahwa masyarakat di daerah ini diharapkan ikut menyukseskan penyelenggaraan PON, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses administrasi dan sukses ekonomi.

“Kaitan dengan sukses ekonomi ini, kita berharap Dinas Koperasi dan UKM dapat membina masyarakat yang memiliki usaha agar ikut terlibat dalam menyukseskan PON nanti,”ujar Timothius.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *