Dinas Perhubungan Segera Lakukan Rekayasa Lalulintas

Recky D. Ambrauw(Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Guna menyiapkan sistem transportasi dalam hal mendukung rekayasa lalulintas PON, Dinas Perhubungan Provinsi Papua akan melaksanakanan rekayasa lalulintas bersinergi dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Papua.
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Recky D. Ambrauw mengatakan, dalam rekayasa lalulintas ini ada pembagian jam-jam pelayanan transportasi, kendaraan yang digunakan hingga lokasi-lokasi yang digunakan sebagai tempat parkir pada saat event PON XX.
“Dalam pelayanannya, ada SOP yang akan kami buat. Ada jam-jam tertentu yang difungsikan untuk melayani dan jam istirahat. Rekayasa lalu lintas ini bersinergi dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Papua,”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Sabtu (12/6).
Lanjutnya, ada beberapa titik-titik rawan dan titik pengawasan jalan, di mana semua sudah dibuat agar PON dapat berjalan dengan baik.
“Ke depan kami akan mengatur transportasi mulai dari upacara pembukaan. Nantinya area parkiran diatur untuk kendaraan penonton diperkirakan 500 meter hingga 1 km, dari arah stadion, kendaraan umum atau penonton harus sudah diparkir atau membuat parkiran umum. Jadi tidak bisa masuk ke areal stadion,” ujarnya.
Sementara, untuk kendaraan B VVIP, VIP atlet, ofisial dan panpel diperbolehkan masuk ke area stadiun. Sedangkan penonton parkir di luar sesuai jarak yang ditentukan, agar tidak menyebabkan kemacetan. Hal ini sudah dibicarakan dengan Direktorat Lalu Lintas juga instansi terkait.
“Simulasi rekayasa lalu lintas akan dilakukan setelah semua yang direncanakan selesai disusun,”ujarnya.
Dia menambahkan, ada perubahan-perubahan misalnya yang awalnya penjemputan dilakukan di lingkungan AURI, namun dari hasil rapat terbaru dengan Bupati Jayapura minta dipindahkan ke Puspenka. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *