Semua Harus Patuh Aturan Pemerintah

Sejumlah PKL yang berjualan di depan Auri, Jumat (11/6). Mereka sudah menata ulang lapak jualan mereka sesuai arahan pemerintah daerah. (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) yang selama ini beraktivitas di depan Kompleks Auri Sentani, Kabupaten Jayapura sudah mulai menggeser lapak jualan mereka sesuai arahan pemerintah yaitu 3 meter dari pinggir trotoar.

Risna salah satu penjual buah yang selama ini berjualan di kawasan itu berharap kepada seluruh rekan-rekan seprofesinya agar mematuhi aturan pemerintah.

“Kami sudah menggeser tempat jualan kami ke belakang, kami berharap rekan-rekan yang lain juga mematuhi aturan ini,” kata Risna ketika dimintai tanggapannya di  Kota Sentani, Jumat (11/6) kemarin.

Lebih jauh Risna meminta kepada pemerintah supaya lebih tegas dan memberikan sanksi kepada pelaku usaha yang tidak mematuhi aturan tersebut. Bahkan dia meminta kepada pemerintah supaya tidak pilih kasih dalam penerapan aturan ini.

“Kalau perintahnya seluruh PKL maka kami berharap kepada pemerintah juga tegas. Siapapun yang berjualan di pinggir jalan harus mematuhi aturan pemerintah,” tandasnya.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Jayapura (Pemkab) melalui Distrik Sentani melakukan penertiban dan penataan para pelaku usaha dalam hal ini PKL yang berjualan di pinggir jalan sepanjang jalan protokol Kota Sentani. Penertiban itu dilakukan dengan pendekatan persuasif, meminta kepada seluruh PKL agar memindahkan lapak jualan mereka dengan jarak minimal 3 meter dari pinggir trotoar. Ini sebagai salah satu upaya Pemkab Jayapura untuk menata kawasan kota Sentani menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) pada Oktober nanti. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *