15 Penumpang Kapal Putih Kembali Positif Covid-19

Tim Satgas Covid-19 saat melakukan rapid antigen terhadap penumpang KM Ciremai yang turun di Pelabuhan Laut Jayapura, Jumat (11/6) dini hari.(Humas Polresta Jayapura Kota)

JAYAPURA-Pengawasan dan tracing terhadap penumpang kapal yang turun di Pelabuhan Jayapura terus dilakukan Tim Satgas Covid-19 Kota Jayapura.

Dalam operasi yustisi yang kembali dilakukan saat KM Ciremai sandar di Pelabuhan Jayapura, Jumat (11/6) dini hari, Satgas Covid-19 Kota Jayapura menemukan 15 penumpang yang terkonfirmasi positif setelah dilakukan rapid antigen saat penumpang turun dari KM Ciremai.

Wakapolresta Jayapura Kota, AKBP. Supraptono menyampaikan, Tim Satgas Covid-19 Kota melaksanakan operasi yustisi khususnya terhadap penumpang Kapal KM.Ciremai di Pelabuhan Jayapura, dalam rangka menekan penyebaran Covid-19 di Kota Jayapura.

“Dalam operasi yustisi yang dilakukan, Tim Satgas covid-19 Kota Jayapura melakukan pemeriksaan berupa rapid antigen terhadap para penumpang yang baru turun dari KM.Ciremai khususnya penumpang dari luar Papua,” jelas mantan Kapolres Waropen ini.

Lanjut Supraptono, dari 912 penumpang yang turun, sebanyak 272 orang menjalani rapid antigen dan hasilnya 15 penumpang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Ke-15 orang penumpang yang terkonfirmasi positif ini,  8 orang berasal Bau-bau, 5 dari Jakarta dan 2 dari Surabaya. Penumpang yang terkonfirmasi positif ini, 13 orang tujuan Kota Jayapura dan 2 orang lainnya tujuan Kabupten Jayawijaya,” ungkap Supraptono.

Supraptono menuturkan, untuk langkah-langkah yang diambil tim Covid-19 Kota Jayapura, seluruh penumpang yang positif didata secara akurat melalui KTP dan surat jalan tujuannya sehingga bisa lakukan mapping (pemetaan) perjalanan mereka sampai tujuan akhir serta telah dilakukan swab PCR.

“Dinas Kesehatan juga akan memonitoring terhadap para penumpang yang positif melalui kordinasi dengan PPKM Mikro RT/RW setempat sehingga mereka (penumpang positif-red) melakukan isolasi mandiri sambil menunggu perkembangan kesehatan lebih lanjut dalam hal ini hasil swab PCR,” tuturnya.

Ditambahkan, 13 penumpang tujuan Kota Jayapura yang terkonfirmasi positif akan selalu dipantau oleh Satgas Covid-19 terutama dari Dinas Kesehatan Kota Jayapura. Sementara 2 penumpang tujuan Wamena, Kabupaten Jayawijaya akan diinformasikan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya untuk dilakukan monitoring secara intensif, sehingga mereka juga bisa dapat melakukan isolasi mandiri.

“Kegiatan operasi yustisi di Pelabuhan Jayapura akan terus dilakukan guna mencegah secara dini penyebaran Covid-19 terhadap para penumpang yang baru datang dari luar Papua tujuan Kota Jayapura,” tambahnya.

Adapun Operasi yustisi Covid-19 dipimpin langsung Wakapolresta Jayapura Kota selaku Ketua Bidang Koordinator Penegakkan Hukum, AKBP. Supraptono, didampingi Kasat Pol PP Kota Jayapura Muchsin Ningkeula bersama Kabag Ops Polresta, AKP. Langgeng Widodo dengan melibatkan 50 personel aparat gabungan TNI-Polri, Satuan Polisi Pamong Praja Kota Jayapura, Dinas Kesehatan, KKP Pelabuhan dan instansi terkait lainnya. (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *