PON XX Kurang dari 100 Hari  Pertajam Intelijen Keamanan

Kombes Pol AM Kamal ( FOTO: Elfira/Cepos)

JAYAPURA – 97 hari menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021. Polda Papua sampaikan,  situasi di wilayah Provinsi Papua sampai dengan Kamis (10/6) cukup kondusif, namun tidak bisa dipungkiri bahwa sempat terjadi beberapa kejadian di daerah pegunungan tengah Papua dan semoga kedepan situasi semakin membaik.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal menyampaikan, sesuai petunjuk dan arahan dari pimpinan Polri tentang operasi yang sedang dilaksanakan yaitu dengan 2 teknis pelaksanaan yang pertama Operasi Humanis dengan mengedepankan Binmas Noken dan pelaksanaan penindakan secara tepat dan terukur sehingga situasi Kamtibmas terjaga aman dan damai di Tanah Papua.

“Menjelang 98 hari PON XX Papua Tahun 2021. Polda Papua sedang mempertajam intelijen keamanan untuk menyiapkan pengamanan PON XX, baru-baru ini juga pimpinan TNI-Polri yaitu Panglima TNI dan Kapolri melakukan kunjungan kerja ke Papua guna mengecek kesiapan pengamanan PON XX di Papua, menjelang dan pasca pelaksanaan PON XX dan kegiatan besar lainnya,” terang Kamal.

Dalam hal ini, evaluasi menjadi perhatian Polda Papua untuk kesiapan mengawal jalannya PON XX aman dan kondusif serta Moto Sukses Pelaksanaan, Prestasi dan Pengamanan bisa terwujud.

“Kepolisian akan menyelenggarakan kegiatan Operasi Kepolisian untuk mengawaki pelaksaan PON XX, dalam waktu dekat akan melaksanakan Operasi Bina Kusuma yang mengedepankan fungsi Binmas, tentunya ini bertujuan agar seluruh masyarakat sadar pentingnya stabilitas keamanan tetap kondusif serta melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan PON XX yang akan dilaksanakan di Papua yang digelar di 4 classter PON yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika,” jelasnya.

Selain itu, ada Operasi Patuh yang berkaitan dengan ketertiban lalu lintas di Jalan Raya dan nanti juga ada Operasi Pekat yang berkaitan dengan hal-hal yang dapat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, dalam hal ini Kepolisian akan berupaya agar bisa dilakukan secara Preemtif.

Sementara itu, untuk pusat kegiatan pelaksanaan PON XX Papua Tahun 2021 ada di Kota dan Kabupaten Jayapura yang akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, tentu seluruh pandangan akan tertuju di Stadium Lukas Enembe serta ada  beberapa Venue PON yang akan dilaksanakan di wilayah tersebut. Oleh karena itu diharapkan Seluruh masyarakat di Provinsi Papua agar bisa bersama-sama menjaga situasi di Tanah Papua tetap aman dan kondusif.

“TNI-Polri akan ditempatkan di Pos-pos yang letaknya di sekitar Venue PON, tujuannya apabila ketika terjadi peristiwa di sekitar lokasi Venue PON bisa ditangani dengan baik. Sehingga tidak menimbulkan kejadian yang dapat mengganggu stabilitas keamanan. Kami juga meminta kerjasama dengan masyarakat agar dalam pelaksanaan nantinya tetap mematuhi protokol kesehatan karena mengingat kita masih dalam masa pandemi Covid-19,” tandasnya.

Kabid Humas mengajak semua masyarakat Papua bersama-sama  sukseskan PON XX Papua Tahun 2021 yaitu sukses pelaksanaan dan sukses prestasi, Papua bisa torang bisa. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *