Percepat Vaksinasi, Masyarakat Perlu Diyakinkan

WAMENA-Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua, SE, MSi minta masyarakatnya di 40 distrik harus divaksin untuk melindungi kesehatan mereka. Oleh karena itu untuk mempercepat proses itu, peran kepala distrik dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat harus terus dilakukan hingga masyarakat mau menerima vaksinasi Covid -19.

   Dalam Kunjungan Kerja Bupati Jayawijaya ke di Distrik Wollo, ia mengatakan 328 kepala kampung dan 40 kepala distrik serta pihak puskesmas harus menyosialisasikan vaksin sehingga masyarakat mau menerima. Artinya ini dilakukan dari pemerintahan distrik dulu ke kampung , sehingga kalau petugas Dinkes masuk tak ada lagi hambatan.

  “Saya akan meminta untuk 40 distrik semua harus lakukan vaksinasi karena itu tugas kepala distrik dan puskesmas untuk sosialisasi dan meyakinkan masyarakat jika vaksin itu aman sehingga tak perlu takut,” katanya.

  Jhon mengatakan di beberapa distrik sudah mulai dilakukan vaksinasi. Vaksinasi dilakukan bersamaan dengan sosialisasi keamanan anti bodi tersebut, sehingga distrik yang belum mendapat bagian, pemerintah distrik dan kampung wajib sampaikan kepada masyarakat. Yakinkan jika tak ada dampak negatif dari vaksinasi.

  “Kita lihat misalnya di Distrik Bugi itu sudah mulai tahapan vaksinasi. Dokter dan kepala distrik sudah sampaikan bahwa di Bugi sudah mulai sosialisasi sambil langsung vaksinasi, artinya masyarakat yang mau langsung dilakukan vaksinasi,” jelasnya.

   Mantan Wakil Bupati Jayawijaya 2 periode  ini mengaku belum menerima laporan terakhir dari Dinas Kesehatan terkait berapa persen warga dan distrik sudah dijangkau kegiatan vaksinasi Covid-19. Karena mungkin vaksinasi ini masih terus diupayakan untuk berjalan ke distrik dan kampung-kampung.

  “Nanti setelah ada laporan, saya akan minta sosialisasi ke distrik yang belum supaya bisa dilakukan vaksinasi, karena ini penting untuk menjaga kesehatan masyarakat kita dari serangan Covid -19,” katanya.

  Menurut dia, pemerintahannya telah menyiapkan posko-posko vaksinasi sehingga warga yang siap untuk divaksin bisa langsung datang ke posko-posko tersebut. Kalau di Distrik dan kampung bisa langsung ke puskesmas atau fasilitas kesehatan yang disediakan Pemkab Jayawijaya.

  “Posko yang kami siapkan itu, misalnya di puskesmas-puskesmas, rumah sakit maupun yang ada di Dinas Kesehatan. Saya harap semua masyarakat Jayawijaya bisa mendapat vaksinasi disana,” tutupnya. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *