Pemeriksaan Rapid Antigen kepada Penumpang yang baru Tiba di Bandara Wamena.(Denny/ Cepos)

Tim Gugus Bakal Telusuri Hasil Rapid Antigen dari Jayapura

WAMENA-Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid -19 Jayawijaya memastikan  akan menelusuri surat rapid test antigen yang dikeluarkan dari beberapa instansi kepada penumpang pesawat yang masuk ke Wamena. Hal ini menyusul adanya sudah ada 7 orang yang ditemukan positif meskipun telah mengantongi surat hasil pemeriksaan rapi tes antigen, usai diperiksa kembali  ketikan penumpang masuk ke Wamena.

  Ketua Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid -19 Jayawijaya Jhon Richard Banua, SE, Msi mengakui jika dalam seminggu pertama pembukaan posko pemeriksaan Rapidtes Antigen di Bandara Wamena dari hari pertama hingga saat ini sudah masuk seminggu dilakukan pemeriksaan hasilnya memang ada 7 orang yang ditemukan positif usai hasil pemeriksaan rapid tes antigennya ditindak lanjuti ke pemeriksaan PCR.

  “Dalam seminggu ini sudah ada 7 penumpang yang didapatkan positif  Covid -19 yang kita temukan selama pemeriksaan yang dilakukan tim medis di bandara Wamena, meskipun mereka telah mengantongi surat pemeriksaan rapid tes antigen dari Jayapura, sehingga kita bakal telusuri surat yang diberikan kepada pasien tersebut,” ungkapnya Selasa (8/6) kemarin.

  Bupati Jayawijaya menyatakan dengan adanya temuan penumpang yang positif saat masuk di Bandara Wamena, maka tindak lanjutnya pihaknya masih evaluasi. Artinya Tim Gugus Covid -19 Jayawijaya  akan melihat hasil rapid tes Antigen yang dikeluarkan dari mana asalnya, kalau di Jayapura maka akan telusuri apakah satu tempat atau berbeda surat rapid tes antigen yang dikeluarkan sebagai syarat untuk naik pesawat.

  “Kita sudah melihat dalam satu minggu ini pemeriksaan yang dilakukan di Bandara Wamena, khususnya perkembangan arus balik ini itu ada 7 penumpang yang positif, sehingga langkah selanjutnya akan diambil untuk menelusuri hasil rapid tes antigen yang didapatkan.” Jelasnya.

  Ia juga menginginkan agar petugasnya yang ada di Bandara Wamena harus  lebih sering memberikan laporan, sehingga pemerintah bisa menentukan langkah-langkah yang harus dilakukan, namun tentunya harus dirapatkan bersama dengan Forkopimda Jayawijaya.

  “Kalau banyak penumpang yang ditemukan positif, maka  kami juga akan menyurati ke Gubernur Papua, Wali Kota Jayapura dan Bupati   Jayapura untuk bagaimana penanganan rapid tes Antigen sesuai dengan Instruksi presiden,”jelasnya

  Ia juga mengingatkan instansi yang mengeluarkan surat hasil rapid test Antigen kepada calon penumpang yang ingin masuk ke Wamena harus benar -benar dilakukan pemeriksaan, jangan cuma mau dibayar tetapi tidak mau melakukan pekerjaan pemeriksaan antigen dan hanya langsung diberikan surat saja.

  “Kita lihat sekarang ini banyak yang tidak melakukan pemeriksaan, tetapi hanya langsung mengeluarkan surat hasil rapid Antigen, ini yang kita takutkan sehingga kita membuka posko dan hasilnya ada 5 orang yang dinyatakan positif,” tutup Jhon Banua. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *