Agustus, Menpora Tinjau Kesiapan Tuan Rumah

Ketua KONI Pusat, Marciano Norman bersama Kemenpora, Zainudin Amali saat meninjau Stadion Lukas Enembe pada bulan 2019 silam.(Erik / Cepos)

JAYAPURA – Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua tahun 2021 tinggal menyisahkan waktu tiga bulan lebih, atau 115 hari lagi. PON XX Papua akan dilaksanakan pada 2-15 Oktober di empat kluster, Kota/Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke.

Event olahraga nasional empat tahunan itu akan mempertandingkan 37 cabang olahraga dengan 56 disiplin dan 679 nomor pertandingan.

Kluster Kota Jayapura akan mempertandingkan Renang Perairan Terbuka, Paralayang, Selam Laut, Angkat Besi, Angkat Berat, Binaraga, Softball (putra), Baseball (penyisihan), Sepak Takraw, Voli Indoor, Voli Pasir, Bulutangkis, Canoeing, Rowing, Traditional Boat Race, Layar, Sepakbola (putra), Sepatu Roda, Taekwondo, Karate, Tenis dan Tinju.

Kluater Kabupaten Jayapura mempertandingkan Gantole, Renang Artistik, Loncat Indah, Polo Air, Renang, Selam Kolam, Senam Artistik, Senam Ritmik, Senam Aerobik, Softball (putri), Baseball, Hoki Outdoor, Hoki Indoor, Kempo, Panahan, Muaythai, Pencak Silat, Rugby, Menembak, Criket dan Sepakbola.

Kluater Mimika mempertandingkan Aeromodeling, Terbang Layang, Terjun Payung, Atletik, Basket 5×5, Basket 3×3, Panjat Tebing, Biliar, Bola Tangan, Futsal, Judo, Tarung Derajat. Dan untuk kluster Merauke sendiri mempertandingkan Anggar, Bermotor, Catur, Gulat, Wushu dan Sepakbola Putri.

PB PON Papua bersama empat Sub PB PON, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke saat ini terus mengebut kesiapan mereka sebagai tuan rumah pelaksanaan pesta olahraga terbesar tanah air tersebut.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman mengatakan, bahwa di bulan Agustus, Mentri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amalia akan berkunjung ke Papua, khususnya di empat kluster penyelenggara untuk mengecek kesiapan terakhir Papua dalam menyambut PON ke-20 itu.

Menurut Marciano, setelah berkunjung ke Papua, Menpora Zainudin nantinya yang akan menyampaikan kepada bapak Presiden Jokowi terkait kesiapan Papua sebagai tuan rumah.

“Saya akan mengundang Menpora (Zainudin Amali) untuk datang ke Papua dan melihat kesiapan dari pelaksanaan PON ini. Dan selanjutnya bersama Gubernur Papua dan KONI Pusat akan melaporkan ke Bapak Presiden bahwa Papua sudah siap melaksanakan PON XX,” ungkap Marciano baru-baru ini di Kota Jayapura.

Sebab itu, Marciano meminta kepada PB PON, dan empat Sub PB PON agar menyelesaikan apa yang belum tercapai. Termasuk meningkatkan kualitas koordinasi PB PON dengan empat Sub PON PON penyelenggara.

“Kita tidak mencari siapa yang salah, tapi pada saat ini mari kita saling mendengarkan, saling mengisi dan kita juga harus mau tahu kesulitan orang lain. Kita harus makin akrab dalam berkomunikasi, kemudian kualitas koordinasi kita harus semakin baik,” ujar Marciano.

“Sebelum Menpora datang, masalah yang sudah kelihatan harus sudah diselesaikan, jangan sampai Menpora datang, masalahnya belum selesai dan masih seperti ini kita belum melangkah. Sebab itu hari kita duduk bersama kita segera melangkah maju untuk kemajuan kita bersama,” sambung Marciano.

Kata Marciano, 3 bulan kedepan merupakan waktu yang paling krusial. Sebab itu, ia meminta agar kesiapan lebih progresif lagi. Termasuk koordinasi PB PON dengan Sub PB PON, begitu juga Bidang-bidang yang ada di PB PON dan Sub PB PON.

“Besar harapan saya, sekali lagi kualitas komunikasi dan koordinasi kita tingkatkan. Jadi waktu yang pendek ini tidak bisa hanya kita lalui dengan hanya rencana-rencana, akan dan akan. Waktunya makin mepet, harus bergerak lebih cepat lagi,” ucap Marciano.

Selain itu, dirinya juga berharap, agar seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di Papua agar terus mendukung pemerintah dalam menekan angka Covid-19 agar PON XX Papua bisa berjalan sukses.

“Kalau kita mau bekerja keras, punya komitment yang sama, kita juga bisa melaksanakan kegiatan yang besar dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat dan Insyaallah kita akan selamat dan sukses,” pungkasnya. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *