Rapid Antigen di Bandara, 5 Penumpang Positif

Pemeriksaan Rapid tes Antigen yang dilakukan petugas kesehatan di Posko Covid-19 Terminal Kedatangan Bandara Wamena kepada Penumpang yang baru tiba. (Denny/Cepos )

Dicurigai, Surat Hasil Rapid Antigen Tanpa Lewati Pemeriksaan

WAMENA-Angka pasien yang positif Covid-19 di Wamena Kabupaten Jayawijaya mulai bertambah. Hal ini menyusul, petugas kesehatan  di Posko rapid antigen di Bandara Wamena menemukan adanya pasien yang positif saat tiba di Wamena, pada pemeriksaan hari kedua dan ketiga dalam minggu kemarin.

  Ketua Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid -19 Jayawijaya Jhon R Banua mengakui dari hasil pemeriksaan petugas kesehatan di  posko rapid Antigen di Bandara Wamena, pada hari kedua mendapat 3 pasien yang positif dari  hasil Rapid Test Antigen, kemudian dilanjutkan ke pemeriksaan PCR juga Positif, sedangkan di hari kedua ada dua orang yang yang ditemukan positif.

  “Jadi kita baru buka posko pemeriksaan antigen ini baru 5 hari untuk setiap penumpang yang masuk mengantisipasi arus balik mudik lebaran dan kita sudah menemukan 5 orang di hari kedua dan ketiga yang positif Covid -19,” ungkapnya Sabtu (4/6) kemarin.

  Untuk hari ke empat dan kelima, lanjut Jhon Banua, pihaknya masih menunggu laporan dari Posko pemeriksaan rapid tes Antigen di Bandara Wamena. Dengan tambahan kasus ini, maka  angka pasien Covid -19 yang saat ini dalam perawatan ada 9 orang karena sebelumnya ada 4 orang dan tambahan 5 orang lagi dari penumpang yang baru datang ke Wamena dari Jayapura.

  “Sekarang bagaimana kita lakukan protokol kesehatan dengan mengkarantina warga yang baru datang dan ditemukan positif Covid -19,  sehingga mereka bisa sembuh , sedangkan yang negatif diharapkan untuk tetap karantina mandiri selama 14 hari untuk melakukan pemeriksaan kedua,” katanya.

  Menurutnya dengan adanya temuan penumpang yang positif saat masuk di Bandara Wamena,  maka tindak lanjutnya pihaknya masih evaluasi. Artinya tim gugus Covid -19 Jayawijaya  akan melihat hasil rapid tes antigen yang dikeluarkan dari mana asalnya. Kalau di Jayapura, maka  akan telusuri apakah satu tempat atau berbeda surat rapid tes antigen yang dikeluarkan sebagai syarat untuk naik pesawat.

  “Ini yang kita menunggu dan melihat dalam satu minggu ini pemeriksaan yang dilakukan di bandara Wamena khususnya perkembangan arus balik ini.” jelasnya. “Kita lihat sekarang ini banyak yang tidak melakukan pemeriksaan tetapi hanya langsung mengeluarkan surat hasil rapid Antigen, ini yang kita takutkan sehingga kita membuka posko dan hasilnya ada 5 orang yang dinyatakan positif,” tutup Jhon Banua. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *