Di Biak, TMMD Bangun 10 Unit Rumah Kepala Suku dan Toga 

Penyerahan secara simbolis sejumlah peralatan yang digunakan untuk kegiatan TMMD ke-111, di Makodim 1708/BN, Sabtu (5/6). (Fiktor/Cepos)

BIAK-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Kodim 1708/BN sasarannya agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau sebelumnya rumah yang dibangun sasaran langsung ke masyarakat secara umum, maka TMMD tahun 2021 kali ini sarannya adalah Mananwir (kepala suku) dan tokoh agama.

   Selain itu, pembangunan rumah TMMD dengan jumlah 10 unit juga terbesar di kampung (desa) yang berbesa. Penyebaran rumah itu karena sasarannya adalah Mananwir dan tokoh agama, dimana tempat tinggal mereka memang tersebar di sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Biak Numfor, termasuk di wilayah kepulauan.

  Adapun ke sepuluh nama Menanwir dan tokoh agama yang mendapatkan bantuan rumah TMMD itu antara lain; Yunus Y. Mandibodibo di Kampung Sorido, Yan Rumbarar di Kelurahan Burokub, Yosep Korwa di Kampung Sorido, Toni Kapisa di Kampung Urfu, Manase Simbiak di Kampung  Paray, Obed Ansek di Kamung Sepse, Akon Sroyer di Kampung Darfuar, Robert Rumere di Kampung Donadik, Galvin Mofu di Kampung Ampubukor dan Yopie Smash di Kampung Wodu.

   Komandan Kodim (Dandim) 1708/BN Letkol. Inf. Arif Setiyono,S.IP mengatakan, pada dasarnya pelaksanaan TMMD mulai dilaksanakan dengan mendistribusi berbagai bahan ke masing-masing lapangan. Distribusi berbagai bahan ke lapangan dilakukan lebih cepat karena lokasi pelaksanaan kali ini tidak focus pada satu titik, namun dilaksanakan di kampung yang berbeda sesuai dengan tempat domilisi Mananwir dan tokoh agama bersangkutan.

   “Memang kali ini rumah yang dibangun di TTMD ke-111 tidak sama tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kami lebih fokus ke Mamanwir yang belum mendapatkan bantuan, ya memang jumlahnya masih terbatas, ini disebabkan karena keterbatasan anggaran,” ujarnya disela-sela pergeseran pasukan (Serpas) Tim Aju Satgas TMMD ke-111  menuju lokasi, di Makodim 1708/BN, Sabtu (5/6).

   Sebelum pasukan menuju ke masing-masing sasaran, Komandan Kodim 1708/BN selaku Dansatgas TMMD ke-111 Dandim 1708/BN  bersama Kepala Dinas DPMK bpk. Elkanus Rumpaidus, SH memberikan pengarahan kepada para personel Tim Aju Satgas TMMD.

  “TMMD sendiri bukan hanya kegiatan fisik tetapi kegiatan non fisik yang akan sangat berdampak besar bagi masyarakat, karena dengan kegiatan seperti ini kita akan lebih dekat dan akrab dengan masyarakat, harapan bersama dengan program TMMD akan membuat TNI dan rakyat lebih dekat serta solid dalam mendukung berbagai program pembangunan di daerah,” pungkasnya.

  “Program TMMD ini adalah program sinergitas antara TNI dengan Pemda Biak Numfor dalam rangka percepatan pembangunan di masyarakat, oleh karena ituTim Aju ini target sasaran dapat tercapai 100 persen dengan tepat waktu,” tambahnya. (itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *