Tiga Penumpang KM Gunung Dempo  Dipulangkan

Dinyatakan Positif Covid-19 Setelah rapid Antigen

JAYAPURA-Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Jayapura temukan tiga penumpang positif usai dilakukan rapid antigen terhadap para penumpang yang turun dari KM.Gunung Dempo di Pelabuhan Laut Jayapura, Kamis (3/6) pagi.

Kabag Ops Polresta Jayapura Kota, AKP Langgeng Widodo menyampaikan, terkait dengan operasi yustisi dari tim Satgas Covid-19 Kota Jayapura, pihaknya bersama tim melaksanakan yustisi dengan kedatangan Kapal KM.Gunung Dempo di Pelabuhan Jayapura.

“Penumpang yang turun di Pelabuhan Jayapura sebanyak 750 orang. Dimana 47 orang dilakukan rapid antigen yaitu penumpang dari luar Papua dan tiga orang dinyatakan positif,” ungkap Langgeng Widodo, kemarin

Dikatakan, pihaknya bersama aparat gabungan TNI-Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja serta Dinas Kesehatan yang tergabung dalam Tim Satgas Covid-19 Kota Jayapura terus gencar melakukan pencegahan dan penanggulangan wabah virus Corona di Kota Jayapura.

“Kegiatan yustisi yang dilaksanakan ini guna meredam penyebaran Covid-19 di pintu masuk wilayah Kota Jayapura seperti di pelabuhan laut, sehingga dapat dideteksi para penumpang yang baru masuk ke Papua khususnya di kota Jayapura,” jelasnya.

Di tempat yang sama Kasatpol PP Kota Jayapura, Mukhsin Ningkeula menerangkan, dari hasil tes rapid antigen dinyatakan 3 penumpang terkonfirmasi positif. Terhadap mereka tetap dipulangkan ke tempat tujuan mereka dan tim satgas Covid-19 akan berkordinasi dengan Satgas di tempat tujuan tiga penumpang tersebut.

“Tiga penumpang yang positif dua berasal dari Surabaya dan satunya asal Jakarta,  tujuannya yakni dua orang ke Kabupaten Jayapura dan satu lainnya ke Kabupaten Keerom,” kata Mukhsin.

Pihaknya akan berkordinasi dengan Tim Satgas Covid-19 setempat dimana lokasi tempat tujuan mereka, selanjutnya mereka yang akan menindaklanjuti apakah penumpang positif tersebut akan diisolasi mandiri atau dikarantinakan.

Adapun Operasi yustisi dipimpin langsung Kabag Ops Polresta Jayapura Kota AKP Langgeng Widodo mewakili Wakapolresta selaku Koordinator Bidang V Penegakkan Hukum dan Pendisiplinan bersama Kasat Pol PP Kota Jayapura Mukhsin Ningkeula, SH., M.Si, Kasi KBPP Kelas II Ferdinan Seralin, SE, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Jayapura Herold Pical, S.Km. M.Kes, Kepala Dinas Perhubungan J. Sitorus, SH., MH, Kapolsek KPL Jayapura Iptu Enis Romony, SH dengan melibatkan 50 personil aparat gabungan TNI/Polri, Sat Pol PP Kota Jayapura dan Instansi terkait.

Sebelumnya, Satgas Covid-19 Kota Jayapura juga melaksanakan operasi yustisi di Pelabuhan Laut Jayapura pada Rabu (26/5) lalu. Dalam operasi yustisi tersebut,  sebanyak 144 penumpang dirapid antigen satu orang dinyatakan positif Covid-19. (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *