Sektor Pariwisata Berpengaruh Sumbang Pemulihan Ekonomi

Naek Tigor Sinaga (Yohana/Cepos)

JAYAPURA-Kepala  Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga mengatakan, dampak kebijakan pemerintah memberikan subsidi pembebasan PPNBM dan DP 0 persen untuk pengambilan rumah property tampaknya sangat berdampak bagi masyarakat yang membelinya.

  Dari inden pengambilan mobil di dealer sudah sangat terlihat. Hal ini juga akan mendorong konsumsi masyarakat,  sehingga bisa meningkatkan perekonomian maupun perputaran uang di masa pandemi Covid-19.

“Kebijakan pemerintah dalam pemberian DP 0 persen pengambilan properti maupun pembebasan PPNBM dalam pembelian kendaraan bermotor roda empat, sangat berdampak sekali. Banyak masyarakat kelas menengah mengambil mobil di dealer. Ada juga masyarakat yang mengambil rumah. Hal ini tentu sangat membantu pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan konsumsi masyarakat ,’’ungkapnya, Kamis (3/6) kemarin.

Diakui, Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akan lebih efektif jika obyek wisata kembali dibuka, namun sayangnya pandemi ini masih ada dan pemerintah belum sepenuhnya bisa membuka obyek wisata maupun menyelenggarakan lagi kegiatan wisata daerah seperti Festival Lembah Baliem di Wamena dan lainnya di Papua.

“Kita berdoa saja semoga pandemi ini bisa segera berlalu dan pemulihan ekonomi di Papua bisa terus dilakukan, sehingga  perputaran  uang bisa semakin baik dan konsumsi masyarakat meningkat, sehingga pembangunan berjalan lancar, karena aktivitas masyarakat bisa dilakukan secara normal kembali. Termasuk pelaku usaha juga bisa lebih maksimal dalam menjalankan usaha,’’tandasnya.(dil/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *