Pengungsi Nduga Mulai Dilakukan Rekam e-KTP

Perekaman e- KTP yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nduga terhadap Pengungsi yang ada di wilayah Jayawijaya di ruang pastori gereja Kingmi Weneroma Sinakma Wamena, Kamis (3/6). ( FOTO: Denny/ Cepos)

WAMENA-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Nduga melakukan perekaman e-KTP kepada warganya yang masih ada di Jayawijaya, yang dipusatkan di a ruang pastori Gereja Weneroma Sinakma Wamena, Kamis (3/6). Perekaman ini untuk  mendata masyarakat dari Kabupaten Nduga yang yang melakukan pengungsian sejak tahun 2019 ke Kabupaten Jayawijaya pada saat terjadi konflik sosial di Nduga

  Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nduga, Datu Maripadang, SSos menjelaskan, untuk memenuhi kuota Dukcapil Kabupaten Nduga,  maka kegiatan perekaman dengan cara menjemput bola di lapangan dengan melibatkan pengungsi yang masih berdomisili di Jayawijaya.

  “Artinya, Dukcapil Kabupaten Nduga tidak hanya melayani perekaman E-KTP dan juga pembuatan kartu keluarga dan surat lainnya di kantor saja, melainkan langsung turun ke tengah masyarakat dan langsung melakukan pelayanan.”ungkapnya Kamis (3/6) kemarin.

  Untuk pelaksanaan kegiatan perekaman e-KTP bagi warga Nduga yang ada di Wamena, Datu Maripadang menjelaskan, sebagian besar warga Nduga masih berada di Wamena. Oleh karena itu, selain untuk memenuhi kuota perekaman e-KPT sekaligus bisa menghimpun secara pasti berapa banyak warga yang ada di Jayawijaya.

  “Hari ini itu kita lakukan pelayanan perekaman e-KTP dan pembuatan kartu keluarga, dengan sasarannya itu semua masyarakat Nduga sehingga kita tahu dengan pasti masih ada berapa banyak warga kami yang ada di Jayawijaya,” kata Maripadang.

  Pihaknya, lanjut Maripadang, akan berusaha mengejar target pemenuhan kuota, paling tidak seluruh masyarakat Kabupaten Nduga bisa memiliki Kartu Keluarga (KK) dan juga e-KTP. Pelayanan di Weneroma dibuka sejak jam 8 pagi, dimana antusias warga Kabupaten Nduga sangat baik dan sadar untuk mengurus e-KTP dan kartu keluarga.

  “Kita akan layani sampai selesai, kita selesaikan yang tahun lalu, dan yang sekarang ini kita input dulu datanya,” kata Datu

  Dalam kegiatan itu, Datu menyebutkan, 11 orang dari 19 Petugas Dukcapil Kabupaten Nduga dilibatkan langsung di lapangan. Untuk perekaman yang dilakukan oleh Dukcapil Kabupaaten Nduga ditahun lalu, telah mencapai 600 perekaman e-KTP dan pembuatan kartu Keluarga, dengan daerah pelayanan diantaranya, Jayawjaya, Disitrik Mbua, Distrik Ndal, dan Distrik Yal. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *