Diikuti Delapan Tim Lokal Papua

Anis Kogoya ( FOTO: Erik / Cepos)

Ibu Gubernur Cup 2021

JAYAPURA – Sepakbola Putri Papua yang sedang dipersiapkan menuju pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua kembali akan menggelar turnamen di Kota Jayapura. Turnamen bertajuk Ibu Gubernur Cup 2021 itu akan diikuti sebanyak 8 tim lokal yang ada di Papua, termasuk tim Sepakbola Putri Papua.

Delapan tim tersebut akan dibagi dalam dua grup, untuk grup A ada Sepakbola Putri Papua (PON), Persikimo, Nafri FC dan Persidafon. Sementara untuk grup B dihuni oleh Uncen FC, Persitoli, Mamberamo dan Mapodadi. Turnamen tersebut rencannya mulai digulir pada 6 Juni mendatang di Kota dan Kabupaten Jayapura.

“Jika diizinkan, pembukaan kita akan lakukan di Stadion Mandala Jayapura, dan pertandingan lainnya akan kita lanjutkan di lapangan sepakbola Mahacandra Uncen atau Stadion Barnabas Youwe Sentani,” ungkap Ketua Panitia turnamen, Anis Kogoya kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di Kantor KONI Papua, Kamis (3/6).

Anis yang juga merupakan asisten pelatih sepakbola putri Papua itu menyebutkan, mereka sengaja melaksanakan turnamen tersebut untuk menambah jam tanding bagi para srikandi Papua yang sedang melakukan pemusatan latihan. Apalagi menurut Anis, tim sepakbola putri Papua sejauh ini hanya melakukan uji coba dengan tim-tim putra yang ada di Kota Jayapura.

“Selama ini kami hanya menghadapi tim putra, karena sulit menemukan tim putri. Sehingga lewat turnamen ini kita bisa melihat kesiapan atlet kita sejauh ini. Kita mau lihat perkembangan mereka jika menghadapi tim sesama putri, sekalian menghilangkan kejenuhan atlet kita,” ujar Anis.

Bahkan Anis menyebutkan, lewat turnamen ini, mereka akan memberikan kesempatan kepada para pemain lain untuk menunjukan kualitasnya. Sebab kata Anis, tidak menutup kemungkinan bila ada pemain yang dianggap menonjol dalam turnamen tersebut akan mendapatkan kesempatan bergabung bersama dengan tim sepakbola putri Papua.

Selain itu, Anis juga mengatakan, bahwa pasca turnamen tersebut, mereka akan langsung melakukan rangkain try out ke luar Papua. Menurutnya, sepakbola Papua akan menjajal beberapa klub sepakbola putri di Pulau Jawa.

“Semakin banyak uji coba akan semakin baik. Kita akan mantapkan persiapan mereka di Jawa, kemudian kembali ke Merauke untuk beradaptasi dengan venue sebelum pertandingan yang sesungguhnya,” pungkas Anis. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *