Pemkab Rekomendasikan Pemanfaatan Genose

SENTANI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura yang juga merupakan bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Edward Sihotang akhirnya mengeluarkan rekomendasi terkait pemanfaatan peralatan Genose di Bandara Sentani.

“Setelah kita melihat peralatan dan kesiapannya, kemudian kita mengeluarkan rekomendasi bahwa fasilitas itu bisa digunakan karena memenuhi persyaratan,”kata Edward Sihotang ketika dikonfirmasi media ini, Kamis,(29/4).

Dia menjelaskan, sebelumnya pemerintah pusat melalui  Gugus Tugas Covid-19 nasional, telah mengeluarkan surat edaran terkait dengan pelayanan untuk mendeteksi Covid-19 bagi para pelaku perjalanan di bandara bisa menggunakan peralatan dan fasilitas Genose.  Kemudian hal itu ditindaklanjuti oleh pihak Angkasa Pura 1 Bandara Sentani dengan menyediakan fasilitas peralatan pemeriksaan Genose.

Untuk memastikan itu, kata dia, pihaknya telah melakukan supervisi ke fasilitas layanan genose milik Angkasa Pura 1 Bandara Sentani itu. Hal itu dilakukan pihaknya bersama dengan pihak KKP Bandar Udara Sentani.  Dari hasil supervisi yang dilakukan pihaknya itu, Pemkab Jayapura mengeluarkan rekomendasi bahwa layanan pemeriksaan Covid-19 menggunakan peralatan Genose di Bandar Udara Sentani direkomendasikan.

Dia juga menegaskan, terkait dengan rekomendasi yang dikeluarkan pihaknya itu tidak berhubungan dengan penerapan layanan Genose itu bagi para penumpang. Namun rekomendasi yang diberikan pihaknya itu hanya berhubungan dengan kesiapan layanan dan fasilitasnya saja.

“Ini rekomendasi layanan kesehatan. Bukan rekomendasi kebijakan. Artinya secara umum pelayanan Genose sudah sesuai dengan kaidah-kaidah atau syarat-syarat umum,”pungkasnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *