Indeks Demokrasi Papua di Kategori Sedang

Sugiyanto (Foto:Yohana/Cepos)

JAYAPURA – BPS Provinsi Papua, mencatat Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) masih berada pada kategori sedang, namun demikian IDI Papua menunjukan dinamika demokrasi kearah positif.
Koordinator Fungsi Statistik Sosial BPS Provinsi Papua, Sugiyanto menjelaskan, jika dibandingkan dengan provinsi lainnya di Indonesia, Papua tercatat urutan ke 3 terbawah Indeks Demokrasi Indonesia.
“IDI merupakan fakta demokrasi yang terjadi pada 34 provinsi di Indonesia, yang dikumpulkan dari media massa serta dokumen instansi atau peraturan daerah. IDI sendiri merupakan indikator komposit yang menunjukkan tingkat perkembangan demokrasi di Indonesia,”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Kamis (29/4) kemarin.
Diakuinya, dengan posisi urutan ke 3 terbawah ini, menggambarkan bahwa capaian demokrasi di Papua mendekati capaian yang buruk. Hal tersebut karena dari 3 aspek penyusunan demokrasi ada yang menggembirakan dan ada juga yang belum memuaskan.
“Aspek yang menggembirakan adalah kebebasan sipil yakni nilainya 93,08 % yang menunjukkan bahwa di Papua masyarakat sudah bebas berkreasi, dan ini sejajar dengan provinsi lainnya di Indonesia,” terangnya.
Lanjutnya, akan tetapi ada juga aspek yang capaiannya menurun, adalah lembaga demokrasi artinya lembaga demokrasi di Papua kurang berfungsi.
Diakuinya, dengan kondisi yang ada saat ini, keterbukaan informasi dalam demokrasi sangat diperlukan. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *