Dukung Keterbukaan Informasi di Lingkungan SKPD

Suasana sosialisasi Aktivitas Pengelolaan Layanan Informasi Pemerintah di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua (Pengelolaan Website dan Peran PPID) yang digelar di Swiss-Belhotel Jayapura, Selasa (26/4) kemarin. ( FOTO: Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua sangat mendukung keterbukaan dan transparansi dalam lingkungan SKPD, guna membantu pemerintah menyampaikan infomasi yang tepat, akurat dan jelas kepada public.

Untuk itu, melalui Dinas Kominfo Provinsi Papua, menggelar kegiatan “Pengelolaan Layanan Informasi Pemerintah di lingkungan Pemprov Papua.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Papua, Muhammad Musa’ad menjelaskan,  melalui kegiatan ini, diharapkan semua SKPD dapat mengekspos semua kegiatan yang telah dilakukan kemasyarakat, sehingga rakyat dan publik bisa mengetahui apa saja kinerja yang telah dilakukan pemerintah.

“Kalau selama ini masih banyak informasi yang tidak terbuka, bahkan ada juga informasi-nformasi yang tidak berimbang tentang Papua, maka melalui kegiatan sosialisasi ini mengajak semua SKPD untuk lebih mengekspos semua aktivitasnya, karena transparasi merupakan syarat dari Good Governance ,”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Selasa (27/4) kemarin.

Pihaknya berharap, ke depan secara berkala semua website di setiap SKPD harus dimanfaatkan dengan maksimal, agar dapat menginformasikan kepada public, apa yang sudah dikerjakan pemerintah dengan data-data yang akurat.

Sementara itu, Kadis Kominfo Provinsi Papua, Jery A. Yudianto menambahkan dengan kegiatan ini, pihaknya ingin memaksimalkan peran PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) di Provinsi Papua.

“PPID selain sebagai pejabat informasi dan dokumentasi, PPID juga sebagai humas di setiap SKPD yang ada, sekaligus juga sebagai produsen data dan juga sebagai wali data, dengan demikian data-data yang ada di setiap SKPD dapat diekpos ke public,” terangnya.

Dengan demikian, informasi yang disampaikan bisa lebih cepat dan tepat disampaikan kepada masyarakat.(ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *