Banyak Catatan DPR untuk Pemkot

Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo menyerahkan rekomendasi terhadap laporan LKPJ Wali Kota tahun anggaran 2020 yang dilaksanakan di Hotel Horison Abepura, Rabu (28/4). (Gamel Cepos)

JAYAPURA – Rapat paripurna istimewa DPRD Kota Jayapura masa sidang II tahun 2021 dengan agenda penyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban Wali Kota Jayapura tahun anggaran 2020 mendapat jawaban berupa rekomendasi dari DPRD Kota Jayapura. Ada banyak catatan yang diberikan DPR namun dipisahkan perbagian dari materi.

Mulai dari persoalan pendapatan daerah, pembelanjaan, rekomendasi urusan termasuk urusan wajib bukan pelayanan dasar. Terkait pendapatan daerah misalnya, Lina Marlina, salah satu anggota  DPR Kota menyampaikan soal  Dispenda perlu menggali potensi – potensi mulai dari menjamurnya rumah sewa, bengkel motor dan sejumlah tempat usaha yang belum mengantongi izin.

“Untuk itu, ada banyak yang perlu dilakukan, semisal dinas perhubungan perlu dilengkapi dengan sarana prasarana baik pengujian KIR termasuk gedung. Lalu Dinas Pariwisata  perlu berkoordinasi dengan masyarakat adat terkait pengelolaan potensi wisata,” jelas Lina membacakan rekomendasi DPR atas LKPJ Wali Kota di Horel Horison Abepura, Rabu (28/4).

Lalu Bapenda juga perlu menertibkan petugas parker liar yang kembali marak. Kemudian yang berkaitan dengan belanja daerah, DPR mengingatkan agar OPD   yang program kegiatannya serta anggarannya terserap di bawah 80 persen perlu diberi catatan khusus kepada pimpinan masing – masing baik menyangkut urusan wajib pelayanan dasar maupun urusan wajib bukan pelayanan dasar.

“Untuk dinas pendidikan juga direkomendasikan agar dilakukan evaluasi yang konferhensif terkait pembelajaran online sehingga meski tak melakukan tatap muka, kualitas pendidikan tidak terlalu tertinggal,” katanya. Disini DPR Kota juga menyinggung soal ketertiban umum serta perlindungan masyarakat dimana Jayapura merupakan koda jasa sehingga kesigapan armada penunjang juga harus bisa dipastikan. “Untuk kebersihan juga, kami minta dinas lingkungan hidup bisa lebih cepat dan tanggap menangani sampah di kota,” imbuhnya.

Terkait ini Wakil Wali Kota, Ir H Rustan Saru MM  mengapresiasi penyampaian dan rekomendasi dari DPRD. Ia berpendapat bahwa semua masukan yang diberikan pasti untuk kebaikan dalam pelayanan kepada masyarakat. “Ini menjadi masukan yang patut kami sikapi. Kami berterimakasih karena dengan catatan ini menunjukkan kemitraan yang baik antara  eksekutif dan legislatif,” singkatnya. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *