Tidak Laksanakan Tugas, Gaji Dikembalikan ke Kasda   

Thiasony Betaubun, S.Sos, M.Pd, M.Si ( FOTO: Sulo/Cepos)

MERAUKE-Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke Thiasoni Betaubun, S.Sos, MM, M.Pd, mengungkapkan bahwa terhadap dua sekolah yang ada di Distrik Ilwayab  yang  tidak melaksanakan proses belajar mengajar akibat guru dan kepala sekolahnya tidak  ada di tempat  telah ditindaklanjuti pihaknya.

   “Kita  sudah panggil  melalui RRI untuk mereka menghadap. Selain itu, kita  tindaklanjuti berdasarkan administrasi yaitu PP Nomor 10  yaitu pemberian teguran mulai pertama kedua dan ketiga, sehingga nanti ada dasar bagi kita untuk mengambil tindakan lebih lanjut,” kata  Thiasoni  Betaubun ditemui di Kantor DPRD Kabupaten Merauke,  Selasa (27/4).

   Selain itu, lanjut dia, pihaknya  juga sudah melaporkan kepala sekolah dan guru di kedua  sekolah  tersebut ke Inspektorat  untuk pengembalian gaji yang diterima selama tidak melaksanakan tugas. Termasuk dana -dana yang diturunkan ke sekolah seperti Dana BOS  untuk  dikembalikan ke kas daerah. “Kita laporkan, inspektorat  nanti yang proses,” jelasnya.

   Termasuk  yang dilaporkan ke inspektorat adalah guru-guru di sekolah lain yang tidak melaksanakan tugas untuk  pengembalian gaji ke kas daerah.  Sementara untuk 2 sekolah SD di Ilwayab yang tidak ada proses belajar mengajar sejak Januari menurut Thiasoni tidak dilaksanakan ujian sekolah.

   “Sekolah yang tidak melaksanakan  implementasi proses belajar mengajar ya dia tidak melaksanakan ujian akhir,” terangnya.

    Meski dari Distrik Okaba dilaporkan  oleh Kepala Distrik Okaba bahwa sejumlah SD di Okaba  tidak ada proses belajar mengajar selama Januari bahkan beberapa bulan di tahun 2020, namun Thiasoni mengaku hanya 2 sekolah dari  Ilwayab yang tidak operasional tersebut.

  “Hanya 2 sekolah dari Ilwayab tersebut yang tidak ada proses belajar mengajar  karena kepala sekolah dan guru tidak ada di tempat,” tandasnya. (ulo/tri)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *