Stok Melimpah, Harga Udang Turun

Penjual udang di Pasar Ikan Hamadi yang kini terlihat banyak tidak seperti biasanya karena harga udang sarmi turun akibat stok udang melimpah , Selasa (27/4). (Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Harga udang di Pasar Ikan Hamadi saat ini cukup murah karena kiriman udang dari Sarmi cukup banyak sehingga stok melimpah.
Jika biasanya harga udang dari Sarmi Rp 90 ribu-100 ribu/ kg, namun jika kini masyarakat beli ke Pasar Ikan Hamadi hanya Rp 70 ribu/kg.
“Harga Udang Sarmi memang turun. Saya jual Rp 70 ribu -80 ribu /kg. Tapi kalau sudah saya bersihkan kepalanya hanya Rp 100 ribu/kg. Harga ini jauh lebih murah jika dibanding dengan sebelumnya karena normalnya harga Udang Sarmi antara Rp 90 ribu-100 ribu /kg, sedangkan yang sudah dibersihkan kepalanya lebih mahal lagi,’’kata Taqim penjual udang di Pasar Ikan Hamadi, Selasa (27/4).
Taqim mengakui, saat ini penjual udang di pasar ikan hamadi banyak tidak seperti biasanya, bahkan saking banyaknya kiriman Udang Sarmi ada yang di jual di jalan- jalan
Hal senada juga dikatakan Hasan bahwa harga Udang Sarmi di Pasar Ikan Hamadi turun dan sudah berlangsung sekira 1 minggu ini. Hal ini disebabkan banyaknya hasil tangkapan nelayan di Sarmi sehingga stoknya melimpah, sehingga harganya turun.
Walaupun harganya turun, pengunjung yang membeli juga belum maksimal karena saat ini masih tanggal tua dan pembeli di pasar juga sepi. Apalagi sekarang penjual sayur dan bumbu yang biasanya banyak berjualan di Pasar Ikan Hamadi sekarang sudah dipindah. Tentu ini juga mempengaruhi jumlah pengunjung di Pasar Ikan Hamadi.
Ditambahkan, harga ikan ekor kuning juga terlihat sudah mulai turun. Contohnya ikan ekor kuning ukuran sedang, sudah turun menjadi Rp 100 ribu/ekor dari sebelumnya bisa sampai Rp 150 ribu/ ekor. (dil/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *