Selama Bulan Puasa Permintaan Buah Meningkat

Penjual buah keliling di Entrop saat menunggu pembeli, Selasa (27/4). Selama puasa, permintaan buah meningkat dan harga semangka dan buah naga mengalami kenaikan.(Priyadi/Cepos)

JAYAPURA- Selama bulan puasa, penjual buah-buahan di pasar maupun yang keliling menggunakan sepeda motor roda dua cukup mengalami peningkatan permintaan dan harganya juga mengalami kenaikan.

Penjual buah keliling Suhartono mengatakan, harga buah naga sekarang sangat luar biasa, sebelum puasa harganya Rp 15 ribu-20 ribu/kg, tapi setelah bulan puasa buah naga harganya bisa Rp 35 ribu/kg. Oleh sebab itu , ia juga tidak mau mengambilnya karena di pasar saja harganya sudah mahal apalagi jika di jual di luar pasar dan jika harga buah naga mahal pasti pembelinya takut beli kecuali yang membutuhkan.
“Harga buah naga memang mahal, di pasar Rp 35 ribu/kg. Saya tidak berani membeli dan menjualnya lagi. Mahalnya harga buah ini dikarenakan sering terjadi hujan, membuat tanaman buah naga rusak dan saat ini juga kebetulan pas belum banyak petani buah naga yang panen jadi harganya naik,’’ungkapnya, Selasa (27/4).
Menurutnya, harga buah yang kini turun yakni buah jeruk manis dulunya bisa Rp 13 ribu/ kg, tapi kini sudah turun menjadi Rp 10 ribu/ kg dan stoknya melimpah.
Sementara itu, penjual buah –buahan Tejo mengatakan, harga buah naga sekarang mahal. Hargadi pasar Rp 35 ribu /kg itupun buahnya tidak banyak yang jual, padahal biasanya saat puasa begini banyak orang membeli untuk dibuat campuran es buah, tapi kini stoknya tidak banyak di pasar dan harganya mahal.
Selain buah naga yang banyak dicari saat puasa, buah semangka juga banyak diburu harganya pun mengalami kenaikkan jika dibanding dengan sebelum memasuki bulan puasa.
Ia mencontohkan harga semangka yang biasanya dijual Rp 25 ribu/ buah kini naik menjadi Rp 35 ribu/ buah. Naiknya harga semangka karena permintaan sangat tinggi dan hasil panen petani semangka saat ini juga belum maksimal sehingga harga semangka naik. Sedangkan untuk buah pepaya California harganya masih stabil Rp 15 ribu/ buah.(dil/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *