Kehadiran RSUP Tunjang Pelayanan RSUD Jayapura

drg. Aloysius Giyai, M.Kes., (Foto:gratianus silas/cepos)

JAYAPURA- Kementerian Kesehatan berencana untuk membangun Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di Koya, Muara Tami, Kota Jayapura. Hal ini diketahui pasca kedatangan Menteri Kesehatan beberapa waktu yang lalu. Direktur RSUD Jayapura, drg. Aloysius Giyai, M.Kes., menjelaskan bahwa ketika terealisasi, kehadiran RSUP ini dapat membantu peningkatan pelayanan kesehatan di Papua.
“Sebagai tokoh bidang kesehatan di Papua, kita semua harus bersyukur karena negara masih menaruh perhatiannya yang sungguh-sungguh untuk Papua. Saya bangga sekali Kemenkes mau bangun RSUP di Papua,” terang drg. Aloysius Giyai, M.Kes., kepada Cenderawasih Pos, Senin (26/4) kemarin.
Ditegaskan drg. Giyai, kehadiran RSUP sama sekali tidak akan menyaingi RSUD Jayapura yang saat ini berbenah dalam peningkatan kualitas, baik dalam pelayanan maupun infratruktur.
“Jadi, pembangunan RSUP dilakukan Pemerintah Pusat, dan peningkatan kualitas RSUD Jayapura dari segi infrastruktur dan pelayanan menjadi yang terbaik di kawasan pasitif tetap berjalan. Saling menunjang,” tegasnya.
Malah, sambung drg. Giyai, kehadiran RSUP akan baik, karena dapat mengurangi beban pelayanan RSUD Jayapura.
“Jadi RSUP berjalan, maka RSUD Jayapura juga berjalan. Malah lebih bagus karena beban pelayanan bisa dibagi. Kehadiran RSUP tidak akan kurangi peningkatan RSUD Jayapura menjadi yang terbaik di kawasan pasifik,” tambahnya.
“Bahkan memang dari dulu harus ada dua rumah sakit, sehingga kita pisahkan antara penanganan penyakit menular dan tidak menular. RSUP akan lebih unggul dari penyediaan SDM. Namun, untuk infrastruktur dan fasilitas kesehatan tidak akan jauh berbeda dengan yang dimiliki RSUD Jayapura,” pungkasnya. (gr/wen)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *