Kans Uji Coba Lawan Persipura

Juru taktik Persipura, Jacksen F. Tiago saat memberikan instruksi kepada para pasukan Mutiara Hitam dalam latihan pagi di lapangan Sepakbola Macandra Uncen, Rabu (31/3). (FOTO: Erik / Cepos)

Manajemen Arema FC Akui Sudah Jalin Komunikasi

MALANG KOTA – Indikasi tersajinya pertandingan uji coba antara Arema FC vs Persipura Jayapura makin menguat. Kabarnya, pihak manajemen tim berjuluk Mutiara Hitam itu kini sudah mencoba berkomunikasi dengan elemen tim Singo Edan.

Tahap itu dilakukan karena kini Boaz Solossa dan kawan-kawan sudah berada di Jawa Timur untuk melakukan pemusatan latihan. Meski begitu, laga antara keduanya diprediksi akan digelar setelah Lebaran nanti.

Fokus pihak keamanan yang kini diarahkan untuk menghalau pemudik jadi salah satu indikasi bila laga persahabatan sulit digelar dalam waktu dekat. Di sisi lain, tim Arema FC kini juga masih berkutat pada program latihan fisik.

Kepada koran ini, Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F. Tiago mengakui bila pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan tim pelatih Arema FC. Meski begitu, dia menyebut bila semua keputusannya bakal ada di tangan manajemen tim masing-masing.

”Kebetulan saya sudah bangun komunikasi dengan Kuncoro (asisten pelatih Arema). Begitu diarahkan ke manajer Arema, saya juga arahkan ke manajer Persipura juga,” jelas eks pemain Persebaya Surabaya itu. Saat ini, dia melanjutkan, komunikasi masih terjalin di tingkat manajemen tim. Dengan begitu, pihaknya masih belum bisa memastikan realisasi rencana tersebut.

Secara umum, eks jurusan taktik Timnas Indonesia itu tidak menampik anggapan bila pihaknya terus mencari opsi untuk laga uji coba. Langkah itu menjadi salah satu bagian dari persiapan tim Mutiara Hitam–julukan Persipura Jayapura– sebelum tampil event internasional. Sebagaimana diketahui, mereka akan jadi wakil Indonesia di ajang AFC CUP. ”Setelah Lebaran mungkin akan lakukan itu (tur Jawa Timur),” tuturnya.

Terpisah, manajer Persipura Jayapura Ridwan Madubun mengakui bila pihaknya kini terus menjajaki komunikasi dengan beberapa klub. Selain dengan Arema FC, mereka menjalin komunikasi dengan tim Bhayangkara FC Solo. Karena masih sebatas komunikasi, Ridwan belum bisa memastikan bagaimana nasib program uji coba ke depannya. ”Kami masih dalam proses komunikasi,” kata dia.

Sementara itu, pihak manajemen tim Singo Edan juga mengaku sudah menjalin komunikasi dengan Persipura. General Manager (GM) Arema FC Ruddy Widodo menjelaskan, manajemen tim Mutiara Hitam kapasitasnya saat ini baru menanyakan bagaimana program latihan Dendi Santoso dan kawan-kawan. ”Mereka menanyakan ke kami apakah Arema FC punya rencana atau program uji coba,” papar petinggi tim Singo Edan asal Madiun itu.

Secara umum, dia memastikan bila pihaknya siap mendukung upaya Persipura untuk mematangkan persiapan timnya. Namun, dia melanjutkan, dengan catatan untuk biaya pertandingan, mulai sewa venue pertandingan, ditanggung tim Mutiara Hitam.

”Inginnya kami, apabila mereka tidak keberatan, ya menanggung biaya tersebut (sewa stadion), kami tidak masalah untuk menjalani uji coba,” kata pria berusia 49 tahun itu. Dalam hitungan kasar koran ini, untuk menggelar satu pertandingan uji coba, sebuah tim bisa merogoh kocek Rp 25 juta untuk menyewa stadion.

Sementara itu, asisten pelatih Arema FC Kuncoro memastikan bila saat ini timnya terus berkembang. Kondisi fisik pemain menurut dia semakin baik dan bisa menyesuaikan diri dengan ibadah puasa. ”Untuk pemain ada perkembangan positif. Saat game internal mereka terlihat lebih bertenaga,” jelasnya. Untuk opsi uji coba melawan Persipura Jayapura, dia mengaku bakal menyerahkan semuanya kepada manajemen tim. ”Keputusan ada di tangan manajemen,” tutupnya. (gp/c1/by/JPG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *