Dana Otsus Mau Diaudit, Audit Juga Gubernur Sebelumnya

Ramses Wally (Foto:Noel/Cepos)

JAYAPURA –Rencana pemerintah pusat melakukan evaluasi penggunaan dana otsus di Provinsi Papua mendapat tanggapan dari salah satu tokoh politik Papua Ramses Wally. Ia mengatakan bahwa jika Pemerintah ingin melakukan audit dana otsus tidak bisa hanya di kepemimpinan Lukas Enembe dan Klemen Tinal, tetapi kepada gubernur lainnya yang sebelum era Lukas Enembe-Klemen Tinal.
Ia mengatakan, otonomi khusus sudah berlaku sejak 2001 sampai dengan saat ini dan para pemimpin pun telah berganti maka ketika dievaluasi seluruh pihak harus dilibatkan. “Semua (Gubernur Papua) Harus dievaluasi sebelum Pak Lukas,” Katanya di Hotel Horison Kotaraja, Sabtu, (24/4) lalu.
Bahkan menurutnya cara pengelolaan dana otsus yang dikelola oleh Lukas Enembe-Klemen Tinal berbeda dari sebelumnya dimana penggunaan dana Otsus paling besar digunakan di kabupaten kota dengan porsi 80% dan provinsi 20 Persen.
Sebagai Yo Ondofolo kata Ramses sikap 80% dan 20% oleh Gubernur Papua saat ini berbeda dari kepemimpinan Gubernur sebelumnya di mana Lukas Enembe lebih terbuka dan mengutamakan kepentingan rakyat Papua dengan menyerahkan langsung dana otsus sebanyak 80% ke kabupaten kota.
Maka dia menyarankan jika mau evaluasi Otsus dikrosscek dahulu ke bupati/wali kota langsung bukan ke gubernur karena gubernur hanya mengelola 20 persen.
“Ini jelas bahwa Lukas Enembe sudah berikan pelayanan total kepada masyarakat di Papua dan semua tugas kenegaraan suda dilakukan sengat baik, pemerintah pusat seharusnya menghargai hal tersebut, jadi siapapun dia jangan menyebar berita hoax dan menuduh gubernur Papua dengan hal yang tidak benar,”paparnya. (oel/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *