Talenta Muda Papua Ikut Seleksi Timnas U-16 dan U-19

Pemain muda Papua saat mengikuti seleksi Timnas U-16 dan U-19 di lapangan Macandra Uncen, Jayapura, Sabtu (24/4). (FOTO:Erik / Cepos)

JAYAPURA – PSSI kembali melakukan seleksi tim nasional (Timnas) kelompok usia U-16 dan U-19 yang diperuntukan bagi ajang Piala AFF U-16 dan U-19. Kali ini, PSSI hadir di ufuk timur Indonesia, tepatnya di Kota Jayapura. Sebanyak 139 talenta muda Papua yang ikut dalam seleksi yang dimediasi oleh Asprov PSSI Papua di lapangan sepak bola Macandra Uncen, Jayapura, Sabtu (24/4).

Untuk kelompok U-16 diikuti sebanyak 51 pemain, dan untuk kelompok U-19 diikuti 88 pemain dari SSB yang ada di sekitaran Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, bahkan perwakilan Papua Barat pun ikut dalam seleksi tersebut.

Wakil Ketua Asprov PSSI Papua, Rocky Bebena mengatakan bahwa seleksi tersebut dilakukan sesuai dengan surat dari PSSI Pusat yang meminta setiap Asprov untuk melakukan seleksi bagi kelompok umur 16 dan 19 tahun.

“Sebenarnya sudah ada nama-nama yang dikirimkan dari PSSI pusat, cuman di sini (Jayapura) ada antusias dari teman-teman pelatih SSB dan kita akomodir mereka. Cukup banyak antusias peserta yang ikut dan kita berharap semoga mereka yang terseleksi bisa sampai ke Timnas, jangan sampai kita kirim banyak dan tidak ada yang masuk,” ujar Rocky kepada Cenderawasih Pos.

Kata Rocky, hasil seleksi ini tentu sesuai dengan pantauan dari Rully Nere sebagai utusan PSSI Pusat. Pria yang juga menjabat sebagai Kadispora Kota Jayapura itu yakin bahwa yang akan lanjut ketahap berikutnya sudah sesuai dengan kemampuan yang diinginkan.

“Kami sudah sampaikan agar hasil seleksi ini benar-benar objektif dan independen, artinya yang terseleksi yang punya kemampuan,” ujar Rocky Bebena.

Sementara itu, Rully Nere menjelaskan, bahwa dalam tahapan seleksi, ada beberapa kriteria khusus yang diinginkan oleh PSSI sesuai dengan rekomendasi dari pelatih kepala Shin Tae-Yong, termasuk postur pemain.

“Karena sudah ada standar atau kriteria dari PSSI, jadi kita bukan seenaknya, tapi itu standar yang harus kita ikut. Ada beberapa posisi dimana postur tinggi mnejadi prioritas, seperti kiper, stoper, gelandang bertahan dan striker. Itu harus tinggi karena kita nanti melawan pemain dari luar yang tinggi,” ungkap Rully Nere.

Legenda hidup Persipura Jayapura itu memberikan apresiasi kepada Asprov PSSI Papua yang telah menfasilitasi kegiatan seleksi selama sehari tersebut. Rully juga menyampaikan, bahwa untuk kelompok U-16 telah terpantau 6-7 pemain, kemudian U-19, ia menyayangkang minimnya bakat potensial yang muncul dan hanya terpantau 2 pemain.

“Saya senang karena dapat ada beberapa pemain bagus-bagus untuk U-16. Semoga pemain-pemain ini bisa jadi pemain nasional. Kalau U-19 jauh dari ekspektasi, ada tapi paling 2 pemainm karena kualitasnya jauh sekali. Sebanrnya tidak ada batas kuota, kalau banyak yang bagus pasti saya ambil apalagi saya anak Papua pasti saya bangga. U-19 ini akan langsung di Shin Tae-Yong, dia mau pemain yang berkarakter, postur tubuh dan sudah jadi,” pungkasnya. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *