Peringati Otsus ke -25, Pemprov Siap Terapkan Amanah Pusat

Acara virtual peringati Hari Otsus ke XXV tahun 2021 di Provinsi Papua, 25 April 1996 -  25 April 2021 di Swiss-Belhotel Jayapura, Senin (26/4)kemarin. ( foto:  Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Pemerinta Provinsi Papua sambut baik peringatan hari Otsus ke 25 tahun 2021 di Indonesia, dan siap mendukung program pemerintah pusat dalam penerapan Otsus di Papua.

Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda Papua Doren Wakerkwa menjelaskan,  peringati Hari Otonomi Khusus di Indonesia, dan Papua menjadi salah satu provinsi yang juga memperingati hari Otsus di Indonesia ke 25 tahun 2021.

“Otsus ke 25, sesuai amanah dari pemerintah pusat, terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan harus ditertibkan di seluruh Indonesia dan kami Pemerintah Provinsi Papua siap mendukung hal tersebut,” katanya kepada Cenderawasih Pos, Senin (26/4) kemarin.

Diakuinya, otonomi daerah adalah kewenangan negara, dalam hal ini secara otomatis penyelenggaraan pemerintahan harus berjalan.

“Dari intruksi pemerintah pusat, pelayanan pemerintahaan yang lebih difokuskan adalah pelayanan dasar, seperti pendidikan dan kesehatan, serta pilihan wajib kepada instansi pemerintahan seperti Dinas Perikanan, Kelautan dan sebagainya, harus berjalan dan pelayananannya harus ditingkatkan,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan, pada usia ke 25 Otsus ini, peningkatan perekonomian masyarakat harus diperhatikan dan harus didukung oleh semua pihak.

“ini merupakan amanat dari Wapres Indonedia, sistem penyelenggaraan pemerintahan ada lima kewenangan yang harus dilakukan oleh Pemerintah Pusat dan daerah harus mendukung suksesnya kewenangan tersebut, sesuai dengan indeologi pancasila dan UUD 1945,” tambahnya. (ana/ary))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *