Perhotelan Harus Koordinasi dengan PB PON XX

Pelaku usaha perhotelan yang datang mengikui rapat bersama Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano di Kantor Wali Kota Jayapura, Minggu (25/4)

JAYAPURA- Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM., meminta  seluruh hotel di Kota Jayapura dalam menyambut tamu hotel saat PON XX tahun 2021 ini, melakukan koordinasi dan komunikasi dengan PB PON XX,  terkait bagaimana  soal pembayaran tamu yang menginap di hotel. Apakah itu tamu dari luar, official maupun atletnya.

  Untuk lebih legal dalam sebuah kerjasama harus dibuat Perjanjian Kerjasama (PKS) atau harus ada Memorandum of Understanding (MoU) dan kontrak yang jelas, sehingga saat pelaksanaan PON XX selesai tidak ada lagi sangkut paut tentang pembayaran hotel maupun lainnya.

“Saya minta pelaku usaha hotel melakukan komunikasi dan koordinasi dengan PB PON XX tentang teknis jika ada tamu yang datang bagaimana soal pembayarannya berapa tempat yang harus disiapkan, sehingga usai pelaksanaan PON tidak ada masalah soal pembayaran selama menginap di hotel tersebut. Untuk itu perlu dilakukan MoU antara PB PON XX dan pihak perhotelan ini sangat penting sekali,’’pintanya, dalam melakukan pertemuan dengan pelaku usaha perhotelan di Kantor Wali Kota, minggu lalu.

Wali Kota juga minta kepada setiap pelaku usaha perhotelan menyiapkan spot khusus untuk memamerkan ornamen-ornamen khas Papua atau Port Numbay. Bisa kaos Papua, ukiran – ukiran, manik-manik, noken dan lainnya, agar para tamu bisa membeli untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Papua.

Setiap hotel juga diminta memasang potret-potret cabang olahraga yang akan dipertandingkan di wilayah Kota Jayapura dan juga ada ucapan selamat datang.

“Saya juga minta ada pelaku UMKM OAP yang ikut diberdayakan di hotel dalam menjual hasil karya dan kerajinan tangan,’’jelasnya.

Hal lainnya, untuk memberikan kenyamanan dan ketentraman bagi para tamu yang datang saat pelaksanaan PON XX,  tentu yang terpenting  semua harus bisa menjaga Kamtibmas dan kenyamanan para tamu. Berikan pelayanan tamu dengan baik serta tampilkan nilai-nilai kearifan lokal Port Numbay.(dil/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *