Perdana, Forki Papua Juga Siapkan Atlet Kata

Ketua Forki Papua, Kristhina L. Mano saat memberikan keterangan kepada awak media di salah satu cafe di Kota Jayapura, Kamis (22/4). (FOTO:Erik / Cepos)

PON 2021 Papua

JAYAPURA – Selain menyiapkan atlet di nomor Kumite, Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Papua juga sedang menyiapkan atlet handalnya untuk nomor Kata saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada bulan Oktober tahun 2021 mendatang.

Ketua Forki Papua, Kristhina L. Mano mengatakan, bahwa ini kali pertamanya. Forki Papua akan menurunkan atlet di nomor Kata. Sehingga momentum tuan rumah, kata Kristinha Mano, Forki Papua tidak akan melewatkan satu nomor pun. Ia mengaku Forki telah menyiapkan atlet-atlet handalnya.

Namun sebagai pendatang baru di nomor Kata, Kristinha Mano membeberkan, bahwa Forki Papua mendatangkan beberapa atlet dari luar Papua untuk memperdalam skuat nomor Kata Forki Papua dalam event olahraga nasional empat tahunan tersebut.

“Khusus kelas Kata ini kami memang baru mau turun, baik itu kata perorangan putra dan putri maupun beregu putra dan putri. Khusus ini kami Forki Pengprov Papua hanya memiliki dua atlet dan sisanya kami kontrak dari luar,” ungkap Kristinha Mano kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di salah satu cafe di Kota Jayapura, Kamis (22/4).

“Kenapa kami harus berani turun di kelas kata, karena sebagai orang Papua selama ini belum pernah mengikutinya. Kali ini kita haru bisa turun di kelas kata, entah hasilnya nanti seperti bagaimana, kita harap bisa memulai,” sambungnya.

Kristinha Mano yakin, kedepan atlet-atlet Papua juga bisa bersaing dengan atlet-atlet dari luar Papua di nomor Kata. Sebab itu, PON XX 2021 akan menjadi awal kebangkitan nomor Kata Forki Papua.

“Kita harus berani memulai supaya ke depan kita memiliki atlet Kata. Kalau kita tidak memulai sekarang, tentu saja kita tidak bisa berharap punya atlet Kata kedepan, sehingga saat ada event-event nasional Forki Papua sudah memiliki atlet Kata,” pungkasnya. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *