Warga Beberapa Distrik di Lanny Jaya Alami Musibah Banjir, Minta Perhatian Pemda

Banjir akibat luapan kali di beberapa Distirk dan Kampung di Lanny Jaya yang menggenangi rumah warga

Kebun Warga hancur akibat musibah banjir

LANNY JAYA – Masyarakat Kabupaten Lanny Jaya di Distrik Muara, Poga dan sekitarnya mengalami musibah bencana  banjir , Selasa ( 21/4) malam.  Akibat bencana banjir ini,  rumah warga, kebun, kantor distrik, Pustu semuanya rusak, kemudian harta benda, termasuk ternak Babi  hanyut dibawa banjir. Kebun warga yang sudah siap panen pun ikut terendam banjir dan lumpur. Warga setempat mengungsi ke tempat yang lebih tinggi atau mencari tempat aman.

Informasi yang disampaikan Anggota DPRD Martinus Kogoya dari Partai Berkarya Dari dapil Wilaya Tiga ini menjelaskan bahwa bencana Banjir yang dialami masyarakat ini sudah kali yang ke tiga.” Kali ini menurut masyarakat yang paling besar. Akibatnya, semua masyarakat mengungsi,” jelasnya.

Diaktakan, musibah banjir ini terjadi akibat Kali besar meluap. Maka hal ini perlu menjadi perhatian Pemerintah kabupaten Lanny Jaya untuk membangun gorong gorong di pinggir Kali dan Arahkan Kali ke arah tempat dimana sudah biasa dari dulu kala.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Distrik Poga menyelaskan bahwa warganya mengalami musibah banjir yang cukup besar dan meluas. Peristiwa tersebut mengakibatkan rumah, ternak dan  kebun hanyut terbawa banjir.  “ Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya agar perhatikan kami. Yang dibutuhkan saat ini bantuan bahan makanan,” ujarnya.

Mereka minta juga perhatian dari Pemerintah Provinsi Papua, dalam hal ini dinas PUPR Papua. “ Kepala ainas adalah anak asli Lanny Jaya agar bisa datang membangun gorong gorong agar masyarakat kita aman ,” ujarnya.

Dijelakan, kejadian musibah ini terjadi di wilayah perbatasan antara Kabupaten tetangga lain seperti Kabupaten Jayawijaya, Mamberamo Tengah, Lanny Jaya dan Tolikara.(ist/luc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *