Asosiasi Kepala Daerah Wilayah Perbatasan Segera Dibentuk

Bupati Piter Gusbager, S.Hut, MUP ( FOTO:Yewen/Cepos)

JAYAPURA- Bupati Keerom, Piter Gusbager, S.Hut, MUP mengungkapkan bahwa rencana pembentukan Asosiasi Kepala Daerah Perbatasan di Provinsi Papua, sudah diinisiasikan sejak  pelantikan Bupati dan Wakil Bupati, baik Bupati Keerom, Bupati Merauke, Bupati Pegunungan Bintang, yang memiliki wilayah perbatasan dengan negara PNG.

   Menurut Gusbager, hal ini ditindaklanjuti pada hari Jumat (16/4) lalu dengan diskusi lebih mantap lagi pada saat pelantikan Ketua PKK beberapa kabupaten yang ada di Provinsi Papua. Oleh karena itu, dalam waktu dekat akan ada pertemuan di Kabupaten Merauke, untuk membuat deklarasi dan program kerjanya.

  “Ini kita lakukan karena daerah perbatasan ini menjadi daerah yang terisolasi, daerah yang masih yang terbelakang, tertutup dan tertinggal,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos di Hotel Horisson, Kota Jayapura, Senin (19/4).

  Gusbager menyampaikan, mulai dari garis batas Wutung sampai dengan Pegunungan Bintang, Boven Digoel sampai dengan Merauke sebagian besar masyarakat hidup dalam keterbelakangan isolasi yang sangat berat, sehingga perlu kecepatan dan percepatan serta perlu pemerataan pembangunan.

   Dengan demikian, kata Gusbager di era seperti ini masing-masing kepala daerah tidak bisa bekerja sendiri-sendiri, tetapi mempunyai satu kesamaan wilayah, yaitu daerah perbatasan. Masyarakat perbatasan ini mempunyai kesamaan asal usul dengan masyarakat di sebelah di PNG.

  “Kita perlu ada sebuah konsep, konsensus dan visi bersama bagaimana percepatan pembangunan wilayah perbatasan yang meruapkan wajah atau halaman depan negara, sehingga itulah kita buat wadah ini. Wadah ini menjadi tempat kita berkomunikasi, berdiskusi mengambil keputusan bersama-sama, sehingga secara berjenjang melaporkan ke Gubernur, Wakil Gubernur dan Presiden dan Wakil Presiden, sehingga memperhatikan wilayah perbatasan,” ujarnya.

   Perlu diketahui bahwa kabupaten/kota yang berbatasan langsung dengan PNG, yaitu Kabupaten Keerom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Merauke, Kabupaten Boven Digoel dan Kota Jayapura. (bet/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *