Pekan Depan, DPA 2021 Mambra di Serahkan

Bupati Dorinus Dasinapa, A.Ks, S.Sos ( FOTO: Willy for Cepos)

Dorinus Dasinapa : Jangan Ada Alasan, Seluruh ASN Wajib Segera Naik Ke Tempat Tugas

BURMESO-Bupati Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa, AKs, SSos memastikan penyerahan Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA) tahun anggaran 2021 ke masing masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan dilakukan pada pekan depan.

   “Kita pastikan penyerahan DPA pekan depan. Supaya daya serap anggaran bisa terealisasi semua,” ungkap Bupati Dorinus dalam rilis yang diterima Cenderawasih Pos, Jumat (16/4).

  Bupati mengharapkan agar program yang telah direncanakan untuk tahun 2021 bisa terlaksana dengan tepat sasaran pada tahun ini. “Kita pastikan program yang direncanakan terealisasi semua. Sehingga bisa menjaga perekonomian daerah dengan baik,” paparnya.

  Percepatan belanja, kata Bupati, untuk menumbuhkan perekonomian di masa pandemi saat ini. Selain itu juga, untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat karena selama kurang lebih 4 bulan aktifitas perkantoran tidak berjalan sehingga masyarakat tidak mendapatkan pelayanan.

   Diakui Bupati bahwa keterlambatan penyerahan DPA 2021 tahun ini disebabkan karena adanya perubahan sistem aplikasi keuangan dari SIMDA ke SPID yang telah diberlakukan Kementerian Keuangan kepada seluruh Kabupaten/Kota di Papua termasuk di Mamberamo Raya menyulitkan .

  “Saya akui kita mengalami keterlambatan penyerahan DPA, karena ada perubahan sistem aplikasi SIMDA kepada SPID sehingga kita cukup terlambat dalam penyerahan DPA. Kemarin Tim Anggaran sudah finalisasi dan dikonsultasi ke Provinsi, kita berharap minggu depan sudah bisa kita serahkan kepada semua OPD. ” jelas Bupati Dorinus

  Bupati pada kesempatan tersebut dengan tegas menginstruksikan kepada seluruh Kepala OPD,  Aparatur Sipil Negara ( ASN ), tenaga honorer, kontrakan yang sudah tidak berkepentingan lagi di kota Jayapura agar segera kembali ke Mamberamo Raya untuk bekerja melayani masyarakat.

  “Saya sudah perintahkan kepada Pak Sekda untuk segera menyampaikan kepada semua ASN, tenaga kontrak, honorer agar naik Mamberamo Raya bekerja, jika masih ada yang tidak mengindahkan instruksi saya sanksi tegas akan kita berikan ,” kata Dorinus

  Disinggung mengenai 4 Kepala OPD yang telah diganti masing – masing Kepala Dinas PU, Dinas Sosial, Dinas Perikanan, dan Bappeda yang telah diganti dengan menunjuk Pelaksana Tugas (Plt), dan mengajukan spesimen tanda tangan di Bank Papua Kasonaweja dan ditolak, kata Bupati bahwa dirinya akan mengikuti regulasi yang ada.

  “Untuk pergantian 4 Pimpinan OPD, itu semua sesuai mekanisme, sehingga kalau Bank Papua menolak perubahan spesimen tanda tangan oleh pejabat yang ditunjuk sebagai Plt, itu memang aturan sehingga kita hormati. Sehingga saya berharap jangan dipersoalkan lagi karena semua kewenangan ada di Bupati,” tandas Bupati. (*/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *