Volume Pekerjaan Drainase Pasar Lama Dikurangi

Kondisi drainase Pasar Lama yang akan dikerjakan tahun ini, namun volumenya berkurang. Foto ini diambil, Rabu (13/4). (Foto:Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Perbaikan drainase di kawasan Pasar Lama Sentani, tetap dilakukan tahun ini, namun volume yang akan dikerjakan, dikurangi karena adanya pengurangan biaya atau anggaran akibat adanya refocusing.
“Tetap dikerjakana tahun ini, tapi volumenya dikuraangi,”kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jayapura, Alphius Toam saat dikonfirmasi media ini, Rabu (13/4).
Dia mengatakan, sesuai perencanaan awal, panjang drainase yang akan dikerjakan tahun ini lebih dari 400 meter. Itu terbentang dari Lampu Merah Pasar Lama sampai di jalan menuju Komba. Namun akibat adanya refocusing anggaran yang dilakukan oleh pemerintah pusat, maka volume pekerjaanya dikurangi.
“Panjang saluran drainase itu dari pengukuran yang sudah dilakukan sepanjang 475 meter, kurang lebih begitu,” katanya.
Di mana dalam perencanaan semula anggaran yang akan digunakan senilai Rp 2 miliar, namun akibat refocusing, nilai anggarannya dikurangi menjadi Rp 1 miliar. Sehingga pekerjaannya disesuaikan dengan jumlah anggaran yang tersedia. Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura itu tidak menyebutkan berapa panjang saluran drainase yang akan dikerjakan setelah volumenya dikurangi.
“Ya kalau dari dana yang tersedia yang pasti volume pekerjaanya akan berkurang,” ujarnya.
Perlu diketahui, masalah drainase Pasar Lama ini memang sangat memperihatinkan. Meski berada dalam kawasan kota, namun, kondisi saluran drainase itu sangat buruk. Akibatnya, air yang seharusnya mengalir di dalam saluran drainase seringkali keluar dan mengalir di badan jalan umum.
Masalah ini sebenarnya disebabkan karena kondisi saluran drainase yang sudah mengalami pendangkalan, belum lagi luasnya yang tidak mampu menampung volume air yang ada di dalam saluran tersebut.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *