Dibagi Enam Titik, Total Peserta 1.745 Orang

DR Onesimus Sahuleka SH

JAYAPURA-Pelaksanaan tahap pertama Ujian Tertulis Bebasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang digelar secara nasional, juga digelar Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura sejak, Senin (12/4) lalu hingga  Sabtu (17/4) lusa.

Tercatat ada enam titik yang dipakai untuk pelaksanaan UTBK ini mulai dari yang terpusat di Kampus Uncen Jayapura dan beberapa kabuaten lainnya yakni Kabupaten Biak, Kabupaten Yapen, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Nabire.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Uncen, DR Onesimus Sahuleka SH., M.Hum menyampaikan bahwa dari UTBK ini tercatat ada 1.745 peserta  yang ambil bagian dan proses ujian akan dilakukan hingga Sabtu (17 April). Dirincikan untuk jumlah peserta UTBK di Uncen sebanyak 1.745 peserta yang terdiri dari 879 melakukan tes di Uncen, Biak 117 peserta, Serui 132 peserta, Nabire 183 peserta, Timika 330 peserta dan di Wamena 104 peserta.

Onesimus meyakini dalam pelaksanaannya ini bisa berjalan sesuai rencana karena telah dipersiapkan sejak Januari 2021 lalu. “Masa persiapan kami cukup lama yakni sejak Januari. Itu mulai dari seleksi pendaftaran mahasiswa baru lewat jalur jalur SNMPTN, SBMPTN dan saat ini menggunakan jalur UTBK,” jelas Onesimus, Rabu (14/4).

Dikatakan, yang dipersiapkan  panitia tak sekedar  terkait ujian  tetapi juga soal protokol  kesehatan hingga  sarana prasarana komputer. Itu termasuk melakukan koordinasi dengan instansi terkait khususnya Satgas Covid-19 Kota Jayapura dan kabupaten, dinas kesehatan dan juga polres setempat.

“Begitu juga dengan PLN untuk listrik  dimana kami berharap dalam pelaksanaan UTBK tidak ada pemadaman termasuk berkoordinasi dengan Telkom untuk jaringan,” kata Onesimus.

Lalu khusus jadwal UTBK, ujian dilaksanakan dengan 2 tahap dimana tahap pertama dimulai dari tanggal 12 hingga 17 April dan tahap kedua dilaksanakan tanggal 26 April hingga 1 Mei. “Tapi khusus Uncen di Kota Jayapura, Timika, Biak, Serui,  Nabire dan Wamena dilaksanakan hanya dalam tahap pertama di UPT Komputer Ekonomi dan Bisnis Uncen, sedangkan untuk Kabupaten Biak dan Serui dilakukan Senin – Kamis besok,” imbuhnya.

Onesimus mengaku bersyukur karena hingga pelaksanaan ujian tak ada lagi pemadaman listrik dan jaringan internet juga lancar. “Sebelumnya kami sudah meminta untuk dibantu baik  soal listrik maupun jaringan internet agar jangan terganggu,” tambahnya.

Disini Onesimus juga mengingatkan kepada peserta tes untuk memanfaatkan peluang sebaik mungkin mengingat peserta yang mendaftar tidak hanya dari Papua tetapi bersifat nasional alias semua provinsi bisa ikut mendaftar.  “Jadi ada persaingan yang cukup ketat sehingga kami minta ini diperhatikan oleh peserta,” imbuhnya. (ade/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *