Masyarkat Dinilai Mulai Sadar Prokes

Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) saat video conference bersama wartawan.(gratianus silas/cepos)

JAYAPURA -Juru Bicara Satgas Covid 19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule SpOG(K) menjelaskan sampai dengan saat ini angka kesembuhan di Provinsi Papua naik menjadi 19.472 orang, sementara angka terkonfirmasi pada Senin (12/4) bertambah sebanyak 40 orang.

“Dengan bertambahnya 40 orang, total terkonfirmasi di Papua sebanyak 21.083 terus bergerak naik, meski tidak sesignifikan bulan-bulan sebelumnya,” katanya kepada Cenderawasih Pos, Senin (12/4).

Diakuinya, angka kesembuhan terus bertamabah dan angka terkonfirmasi menurun ini juga disebabkan oleh perilaku dan kedisipilin masyarakat yang mulai sadar dalam hal menerapakan protokol kesehatan serta menyadari pola hidup sehat. Sementara untuk angka kematian masih stabil belum ada kenaikan.

Sementara itu, dr. Aaron Rumainum, M.Kes., Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Papua, menjelaskan angka kematian untuk Kota Jayapura masih stabil yakni 1,7  persen sementara angka kesembuhan di Kota Jayapura juga meningkat, intinya tingginya angka kesembuhan hari ini bukan karena vaksin tetapi karena pengobatan.

“Vaksin baru bisa terlihat setelah 6 bulan kedepan, meski sudah divaksin menjalankan protokol kesehatan tetap dilakukan ini perlu dilakukan secara terus menerus demi memutus mata rantai penyebaran Covid 19 di Papua,” Tambahnya. (ana/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *