Cakupan Vaksin di Papua Capai 65,5 Persen

dr. Aaron Rumainum (Foto:Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Cakupan vaksin di Papua hampir setara dengan jumlah vaksin yang diberikan, pencapaian vaksinasi Covid 19 di Papua mencapai 65,5 persen.
dr. Aaron Rumainum, M.Kes., Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Papua, menjelaskan cakupan vaksin yang meningkat ini juga didukung dengan antusias masyarakat di setiap kabupaten dan kota sudah sengat meningkat.

“Bisa dikata antusias masyarakat sudah sangat banyak tetapi jumlah vaksinasi Covid 19 di Papua kurang. Meski kami sudah diberikan vaksin pertama 3.000 vial vaksin kemudian naik menjadi 3.700 vial naik lagi ke 7.300 vial dan sekarang dikirimkan lagi 5.620 vial, vaksin ini kami kesulitan untuk membagi,” katanya kepada Cenderawasih Pos, Selasa (13/4) kemarin.
Diakuinya, untuk saat ini sesuai dengan permintaan Gubernur Papua, fokus hadapi PON XX, maka pihaknya lebih fokus memberikan vaksin ke daerah-daerah pelaksanaanPON.

“Khususnya untuk daera-daerah tersebut dibutuhkan yaitu Timika 6.500 dosis, Merauke 10.000, Kota Jayapura 11.000 dosisi dan Kab. Jayapura 10.000 dosisi, disisi lain kami juga berikan kepada kabupaten lainnya,” terangnya.
Menurutnya, agak susah membagi vaksin yang baru masuk sebenayak 5.620 vial kesemua daerah di Papua, pembagian vaksin di Papua urutan ke 15 se Indonesia. (ana/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *