Sekedar Beli Es Batu, Warga PNG Nekad Melintas ke Sota 

Polsek Sota saat melakukan pemantauan dan  pemeriksaan terhadap warga PNG yang melintas di Perbatasan  hanya untuk membeli es batu untuk mengawetkan daging rusa yang nantinya akan datang dijual kembali ke Sota, Sabtu (10/4) ( FOTO: Humas for Cepos)

MERAUKE-Hanya sekedar untuk membeli es batu  yang ada di Kampung Sota, Distrik Sota Kabupaten Merauke, sejumlah warga PNG yang ada di sekitar perbatasan Indonesia nekad untuk melintas ke Indonesia di tengah pandemi Covid-19 saat ini dengan menggunakan sepeda motor.

   Es batu tersebut akan dipergunakan oleh warga PNG tersebut untuk mengawetkan daging yang nantinya akan dijual kembali ke Indonesia. Terkait dengan itu, Polsek Sota melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah warga PNG yang datang membeli es batu dengan menggunakan 3 sepeda motor tersebut, Sabtu (10/4).

   Kapolres Merauke AKBP Ir Untung Sangaji, M.Hum melalui Kapolsek Sota AKP. Makruf Soeroto membenarkan pemeriksaan yang dilakukan terhadap sejumlah warga PNG yang melintas ke Indonesia secara tradisional tersebut.  Pemeriksaan ini dilaukan di areal perbatasan PLBN Sota, Kampung Sota sekitar pukul 10.45 WIT.

  “Pemantauan dan pemeriksaan dilakukan terhadap para pelintas batas dari PNG,’’ kata Kapolsek.

   Dari hasil pemeriksaan dan pemantauan terhadap para pelintas batas yang sedang berkemas tersebut, diketahui ternyata mereka datang ke Sota hanya untuk membeli es batu. Dimana es batu tersebut akan dimanfaatkan untuk membawa daging rusa yang akan dijual kembali ke Distrik Sota.

   Menurut Kapolsek, pelintas batas tersebut diketahui bernama Marthen Madiowi dan kawan-kawannya yang berasal dari daerah Bensback, PNG. Dengan menggunakan 3 kendaraan sepeda motor yang didrop sampai di pelabuhan dan dilanjutkan dengan menggunakan perahu melalui kali Torasi.

   “Dalam pengecekan barang bawaan tidak ditemukan hal- hal terlarang, serta dilaporkan pula bahwa pelintas batas belum diizinkan masuk ke Kampung Sota. Hanya sebatas di areal PLBN Sota,’’ tandasnya. (ulo/tri)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *