Masih Refocusing dan Realokasi Anggaran di 2021

Frans Pekey ( FOTO: GRATI/CEPOS)

Tahun ini Pemotongan Anggaran Capai Rp 17 M

JAYAPURA-  Sekda Kota Jayapura, Frans Pekey, menyebutkan bahwa Kementerian Keuangan telah mengeluarkan Permenkeu 17/2021 tentang penyesuaian alokasi dana transfer dan APBD untuk melakukan realokasi dan refocusing  APBD daerah.

Hal ini, sambung Pekey, tak lain karena pertumbuhah ekonomi yang masih minus dan berpengaruh pada pendapatan negara. Pendapatan negara yang menurun, sehingga berdampak pada alokasi dana transfer ke daerah, terutama DAU, DAK, dan DPH.

“Untuk Pemkot Jayapura, kita keluarkan edaran kepada semua pengguna anggaran dan kuasa pengguna anggaran untuk segera kita tindaklanjuti Permenkeu untuk lakukan refocusing  dan realokasi anggaran,” jelas Frans Pekey, Sabtu (10/4) kemarin.

Kata Pekey, ada pemotongan anggaran yang sekiranya mencapai Rp 17 miliar di 2021 ini, sehingga semua OPD atau pengguna anggaran diwajibkan untuk lakukan pemotongan anggaran dengan nilai tertentu yang telah disampaikan.

“Harapan kita, di minggu depan, kita akan tuntaskan masalah refocusing  dan realokasi tim anggaran dengan melakukan rapat untuk finalisasi sehingga hasil dari itu kita laporkan ke Kemenkeu, agar tidak berdampak pada penundaan transfer ke daerah, khususnya ke Pemkot Jayapura,” tambahnya.

Oleh karenanya, selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Jayapura, Pekey mengimbau semua pengguna anggaran di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura untuk segera melakukan refocusing  dan realokasi sesuai surat yang dikirim, sehingga dalam minggu depan dapat menuntaskan dalam TAPD. (gr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *