Stok dan Harga Bapok Aman dan Stabil

Tetes Gunanto (Foto:Sulo/Cepos)

MERAUKE-Stok dan harga 9 kebutuhan pokok di Merauke dinilai aman dan stabil. Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindakop dan UKM Kabupaten Merauke Tetes Gunanto, mengungkapkan bahwa untuk stok 9 kebutuhan bahan pokok (Bapok) dalam rangka memasuki bulan Ramadhan sangat aman. Begitu juga harga dari 9 kebutuhan pokok tersebut masih stabil kecuali untuk cabai rawit yang harganya fluktuatif.
“Untuk cabai rawit harganya fluktuatif. Kalau hari ini, harga cabai rawit Rp 110.00 perkilo, cabai keriting Rp 70.000 per kilo dan cabai besar Rp 60.000 per kilonya,” kata Tetes Gunanto ketika ditemui Cenderawasih Pos.
Sedangkan untuk telur yang tahun 2020 lalu sempat stoknya menipis dengan harga yang naik akibat ternak di Merauke sempat diserang flu burung, saat ini lanjut dia, persediaan telur ayam tersebut aman dan harga juga sudah stabil. Sementara gula pasir juga sudah stabil dengan harga Rp 15.000 perkilo. “Tapi, kalau gula pasir Bulog harganya Rp 13.000 perkilo,” jelasnya.
Untuk rempah-rempah, kata Tetes Gunanto, juga sangat aman. Termasuk untuk air mineral juga tersedia dengan aman. Begitu juga dengan ketersediaan beras sangat aman. Bahkan Merauke surplus dengan ketersediaan beras tersebut. Bahkan, lanjut Tetes Gunanto, untuk memproteksi para petani di Merauke, pihaknya rencana akan mengajukan draft peraturan bupati (Perbup) larangan memasukkan beras dari luar Merauke.
Sebab, ungkap Tetes Gunanto, setiap bulannya, jumlah beras premium yang masuk ke Merauke setiap bulannya antara 20-30 ton. “Kalau beras premium dari luar tersebut bisa diganti dengan beras petani kita, maka cukup lumayan bisa membantu petani kita di Merauke. Selama ini beras dari luar masih masuk sementara petani kita di Merauke selama ini kesulitan pemasaran,” terangnya.
Tetes Gunanto, rencana untuk mengajukan draft Perbup Bupati tersebut merupakan usulan dari anggota DPRD Kabupaten Merauke saat melakukan pertemuan beberapa waktu lalu. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *