PON Papua Tonggak Kebangkitan Olahraga dam Sejarah Bangsa

Para pekerja saat melakukan perawatan di Stadion Lukas Enembe yang nantinya menjadi Venue utama pergelaran PON 2021 Papua. ( foto: Erik / Cepos)

JAYAPURA – Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman menegaskan, bahwa PON XX 2021 Papua akan menjadi sejarah baru bagi olahraga tanah air. Dimana untuk pertama kalinya event olahraga nasional akan dilaksanakan dalam masa pandemi.

Selain itu, PON XX Papua, kata Marciano juga akan menjadi tonggak kebangkitan olahraga Indonesia yang mampu bangkit dari pandemi Covid-19.

Tak hanya itu, Marciano juga berharap pelaksanaan PON XX Papua bisa melahirkan atlet-atlet handal untuk Indonesia dalam event-event dunia.

Apalagi Marciano menyebutkan, bahwa Indonesia akan mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade pada tahun 2032 mendatang.

“Saat bidding nanti, Kita bisa mengajukan tuan rumah Olimpiade tahun 2023 di Indoensia, sehingga pembinaan atlet sangat penting,” ungkap Marciano, Kamis (8/4).

Marciano juga yakin, Papua pasca PON akan melahirkan banyak atlet-atlet hebat. Sebab kata Marciano, setelah PON XX, Papua telah memiliki deretan venue dan sarana prasanan yang berkualitas untuk mendorong prestasi atlet Papua.

“Pembangunan venue di daerah itu harus melahirkan atlet-atlet hebat, karena di situlah kita melakukan pembinaan dengan baik,” ujar Marciano.

Sementara itu, Deputi V Bidang Pokitik, Hukum, Keamanan, Pertahanan dan Hak Asasi Manusia Kantor Staf Presiden, Jaleswari Promodhawardani juga menambahkan bahwa pemerintah pusat juga akan mendorong event-event dunia bisa dilaksanakan di Bumi Papua.

Pasalnya, kata Jaleswari, Papua telah memiliki venue-venue bertaraf internasional. Sehingga peluang Papua dalam melaksanakan event internasional sangat terbuka besar.

“Papua selain siap tuan rumah PON dan Peparnas, Papua juga sudah siap melayani event internasional di waktu mendatang,” pungkasnya. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *