Pemkab Sudah Pangkas Perjalanan Dinas OPD

Sekda Hanna Hikoyabi (Foto:Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Hanna Hkoyabi mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura telah melakukan refocusing anggaran untuk mengatasi persoalan pandemi Covid-19 di Kabupaten Jayapura yang sampai saat ini masih terjadi.
Salah satu yang dilakukan pihaknya adalah memangkas anggaran perjalanan dinas ke luar daerah dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Jayapura. Meski begitu, tidak semuanya dipangkas, tapi ada pengecualian.
“Memang itu sudah arahan Menteri Keuangan untuk anggaran refocusing, semua perjalanan dinas, kecuali perjalanan dinas keluar yang penting. Bupati, wakil bupati, Sekda, yang lain-lain itu dipangkas untuk refocusing,” jelasnya ketika dikonfirmasi media ini, Jumat (9/4).
Ditanya mengenai apakah ada potensi pembatalan sejumlah kegiatan fisik di Kabupaten Jayapura akibat refocusing anggaran tahun ini, mantan kepala Bappeda Kabupaten Jayapura itu menegaskan, pekerjaan fisik yang sudah direncanakan tetap dilaksanakan, hanya saja perubahannya terdapat pada volume pekerjaannya yang dikurangi.
“Batal tidak, tapi mungkin volumenya yang akan dikurangi,” tandasnya.
TAPD Kabupaten Jayapura sudah melakukan refocusing anggaran dan Bappeda sudah memverifikasi dan memberikan prioritas kepada kegiatan penunjang RPJMD di tahun 2021.
“Sebenarnya tidak masalah, pekerjaan tetap dilaksanakan, tetapi volumenya saja yang dikurangi,” ujarnya.
Sehingga pembayaran dari pekerjaan fisik tersebut tetap disesuaikan dengan volume pekerjaan atau progres pekerjaan. Sementara sisanya bisa dianggarkan lagi di APBD perubahan nanti. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *