Pelaku Pembobol Bank Papua Dilimpahkan

Pelaku LP saat diserahkan bersama barang bukti sisa uang tunai usai dibelanjakan di Jayawijaya di Kantor Kejaksaan Negeri Jayawijaya, Jumat (9/4). (Dok Kejaksaan Negeri Jayawijaya)

WAMENA-Pelaku Pembobol Bank Papua Mamberamo Tengah dengan inisial LP secara resmi diserahkan oleh kepolisian dalam hal ini Polres Mamteng ke Kejaksaan Negeri Jayawijaya. Selain terangka, polisi juga menyerahkan barang bukti dua unit mobil, perhiasan dan uang tunai sebesar Rp. 762.000.000 sisa dari hasil curian tersebut .
Kepala Kejaksaan Negeri Jayawijaya Dr. Andre Abraham, SH, LLM mengaku telah menerima perkara pencurian dengan pemberatan di kantor Bank Papua Kabupaten Mamberamo tengah, dimana kerugian dari Korban dalam hal ini bank Papua Mamberamo Tengah sebesar Rp 2,6 Miliar dimana dari tersangka yang ditangkap baru satu orang sedangkan dua orang lainnya masih DPO kepolisian.
“Peran dari LP ini adalah menjaga di luar kantor Bank Papua, sedangkan dua orang lainnya yang masih DPO itu yang masuk ke dalam Bank Papua untuk melakukan aksi pencurian,” ungkapnya, Jumat (9/4) kemarin.
Menurutnya, barang bukti yang diserahkan ke kejaksaan tak genap berjumlah Rp 2,6 miliar, karena sudah dibelanjakan oleh LP membeli dua unit mobil strada Triton, perhiasan sehingga dari kejaksaan menerima tersangka ini dan barang bukti uang senilai Rp. 762.000.000.
“Ada juga perhiasan Cincin dan Kalung emas serta peralatan lainnya yang dipakai untuk melakukan tindak kejahatan seperti linggis dan sangkur, sehingga kami akan menyerahkan tersangka ke pengadilan pada minggu depan,” jelas Kejari Jayawijaya.
Ia juga menyatakan, pasal yang disangkakan kepada tersangka LP ini pasal 363 ayat (3), (4) dan (5) yaitu pencurian dengan pemberatan yaitu kejahatan dilakukan pada malam hari pada pekarangan tertutup dan dilakukan lebih dari dua orang, dilakukan dengan cara merusak, memotong atau memanjat.
“Ancaman hukuman yang disangkakan kepada LP maksimal 7 tahun penjara, sementara untuk saksi yang nantinya akan dihadirkan dalam persidangan yakni pihak bank Papua Cabang Mamberamo Tengah dari Kepala Cabang sampai ke Securitinya,”kata andre Abraham.
Sementara untuk saksi lainnya, lanjut Kejari jayawijaya, adalah warga tempat saksi membeli dua unit mobil, saat ini yang bersangkutan masih dititipkan di Polres Jayawijaya. Sebelumnya dari informasi yang dihimpun dari Polres Mamberamo Tengah diketahui jika dari tangan pelaku LP itu uang hasil kejahatan yang diambil pada saat melakukan pencurian tersebut sebesar Rp Rp1,6 Milyar sedangkan untuk dua rekannya yang masih buron membawa kabur Rp. 1 Miliar.(jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *