Warga Rusak Gedung Keuangan Pemda Nduga

Gedung Keuangan Kabupaten Nduga yang sempat dirumsak masa pada Jumat (9/4) kemarin. (FOTO:Yanius For Cepos)

Dilatar Belakangi Penolakan Pemilihan Wakil Bupati Nduga

JAYAPURA-Gedung Keungan Pemda Nduga dirusak sekelompok masa pada Jumat (9/4). Pengrusakan ini akibat ketidak puasan atas melihan wakil Bupati Kabupaten Nduga.

Dimana Wakil Bupati Nduga terpilih Dinard Kelnea sebagai Wakil Bupati Kabupaten Nduga dalam rapat Paripurna DPRD Nduga di Kota Jayapura pada Kami (8/4). Selain itu warga yang kecewa juga sempat melakukan pemalangan lapangan bandara Keneyam.

Salah satu tokoh masyarakat Nduga Yanius Gwijangge memjelaskan semestinya yang harus menjadi wakil Bupati ialah Lanius Gwijangge yang merupakan adik dari mantan Bupati Nduga Almarhum Yairus Gwijangge.

“Ini ada permainan, semestinya Lanius Gwijangge yang menduduki jabatan, mengingat saat pemilihan bupati dulu partai pengusung yakni Golkar, PKS serta PAN yang memenangkan pasangan Yarius dan Wantius, sementara saat paripurna kenapa kader partai tidak mendukung malah berbelok, ini harus menjadi pertanyaan,” Ungkapnya saat dihubungi melalui telepon seluler, Sabtu (10/4).

“Keluarga telah mendorong agar Lanius Gwijangge adik dari almarhum Bupati yang maju dan itu sudah disepakati secara adat, tapi pada akhirnya tidak terlealisasi yang berbuntut kekecewaan dan pengerusakan fasilitas serta pemalangan,” bebernya.

Dirinya menambahkan masyarakat mengancam akan terus melakukan pengrusakan, melumpuhkan aktivitas di Nduga serta menutup Bandara Keneyam.

Sebelumnya Kabupaten Nduga dipimpin Almarhum Yarius Gwijangge sebagai Bupati dan Wentius Nimiangge sebagai Wakil Bupati. Pada 11 November 2020, Yarius Gwijangge meninggal dunia karena sakit. Jabatan bupati sempati mengalami kekosongan hampir empat bulan, hingga pada 15 Maret 2021, Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal melantik Wentinus Nimiangge sebagai Bupati Kabupaten Nduga sisa masa jabatan 2017-2022.(gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *