Tidak Boleh Terganggu Dengan Insiden Apapun!

Irjen Pol Mathius D Fakhiri ( FOTO: Elfira/Cepos)

8.440 Personel Gabungan Amankan PON Papua

JAYAPURA- Sebanyak 8.440 perkuatan anggota TNI-Polri dan mitra Kepolisian lainnya akan mengamankan perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX  yang akan diselenggarakan pada Oktober 2021 mendatang.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri menegaskan, PON XX Papua tidak boleh terganggu dengan insiden apapapun atau kejadian demo yang bersifat masif. Untuk itu, pihaknya melakukan pendekatan dengan semua elemen yang ada di tanah Papua.

“Mari  kita jaga situasi keamanan di tanah Papua sehingga lebih kondusif lagi jelang  PON,” ucap Kapolda Mathius Fakhiri kepada wartawan, Kamis (8/4).

Lanjut Kapolda, pola pengamanan saat perhelatan PON akan lebih soft. Sehingga tidak ada dampak dari penindakan hukum yang dilakukan. Dirinya juga memastikan empat wilayah di Papua yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Merauke lebih kondusif.

“Kita fokusnya ke Timika, dimana kita akan berusaha geser dan menekan agar kelompok Kali Kopi keluar dari Timika. Sehingga semua penyelenggaraan PON di Papua bisa  terselenggara dengan baik, aman dan kondusif,” papar Kapolda.

Dirinya berharap semua elemen masyarakat di tanah Papua mempunyai peran aktif untuk  menyukseskan penyelenggaraan PON di tanah Papua. Sebab perhelatan PON adalah kebanggaan orang yang ada di tanah Papua.

“Mari sama-sama kita jaga keamanan dan kita tunjukan dari tanah Papua kita mampu melaksanakan pesta olahraga ini dengan baik dan sempurna tanpa ada gangguan apapun. Keamanan bukan hanya tugas TNI-Polri, tetapi tugas semua masyarakat yang hidup di tanah  papua,” ungkapnya.

Di sisi lain,  Polda Papua melalui  PB PON akan menyurati setiap kontingen dari 34 Provinsi yang akan hadir di tanah Papua untuk membawa tenaga pengamanannya dari Polda masing-masing atau Kodam setempat untuk memberikan pengamanan khusus internal para kontingennya. (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *