Harga Daging Sapi, Ayam Beku dan Telur Masih Normal

Tampak paha daging sapi segar yang kini harganya masih normal di pasaran dan permintaan dari masyarakat menurun akibat adanya pandemi Covid-19, Kamis (8/4). ( FOTO: Priyad/Cepos)

JAYAPURA-Harga daging sapi segar di pasar tradisional masih stabil antara Rp 140 ribu-145 ribu /kg. Sedangkan harga telur antar pulau (Anpu)  mulai Rp 62 ribu-65 ribu /rak dan ayam beku Rp 35 ribu /kg.

  Ambar selaku penjual daging sapi segar di Abepura mengatakan, harga daging sapi segar masih normal Rp 140 ribu/kg, dimana menjelang puasa permintaan daging segar masih tetap stabil dan stok juga masih aman.

Selama ada pandemi Covid-19, permintaan daging sapi segar juga tidak seperti dulu. Yang banyak membeli adalah langganan dari warung makan atau penjual bakso.

Menurutnya, menjelang lebaran kurang beberapa hari harga daging sapi bisa naik tapi tidak signifikan seperti tahun-tahun sebelumnya, karena permintaan dari masyarakat cukup meningkat dan dari pemilik sapi biasanya juga inaikkan harga sapikarena banyak yang membeli.

Hal senada juga dikatakan Abas, penjual daging sapi segar di Dok V Atas Jayapura. Ia mengaku harga daging sapi segar yang ia jual Rp 145 ribu/ kg. Untuk harga jeroan seperti hati Rp 90 ribu /kg, babat Rp 50 ribu/kg dan tulangan Rp 80 ribu /kg.

  Memang semenjak adanya Covid-19, permintaan daging segar tidak seperti dulu. Permintaan dari masyarakat umum jarang, terlebih di tahun 2020 lalu permintaan daging sapi sangat turun akibat tidak diperbolehkannya open house.

Untuk itu, Abas berharap virus Corona bisa segera berlalu, sehingga perekonomian bisa kembali normal dan menggeliat lagi.

Sementara itu, untuk harga ayam beku masih kisaran Rp 35 ribu/kg. Saat ini stoknya juga masih aman, karena selain ada ayam beku yang kiloan dari Surabaya, di Jayapura sendiri sudah ada peternak ayam lokal yang biasanya banyak dibeli warung makan lalapan, karena dagingnya lebih fresh dan lengkap ada kepala, kaki dan hati.

Harganya di pasaran ada yang 65 ribu /ekor,  ada juga yang Rp 70 ribu/ ekor tergantung dari beratnya.(dil/ary )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *