NPC Papua Optimis Juara Umum

Jaya Kusuma. Foto: Erik/ceposonline

Peparnas 2021 Papua

JAYAPURA – National Paralympic Committee (NPC) Papua mengusung target tinggi saat pelaksanaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua tahun 2021. Momentum tuan rumah membuat pengurus NPC Papua begitu percaya diri bisa menjadi juara umum pada event olahraga nasional empat tahunan itu.

Berbagai upaya telah disiapkan oleh NPC Papua agar bisa mengukir sejarah di rumah sendiri, termasuk menyiapkan atlet-atlet handalnya. Bahkan, untuk menggenjot performa atlet, NPC Papua tak tanggung-tanggung mengirim atletnya berlatih ke luar Papua.

Di atas kertas, perjalan NPC Papua saat mengikuti ajang Peparnas dalam 18 tahun terakhir, atau dalam empat episode Peparnas, NPC Papua terus menorehkan prestasi gemilang. Padahal, Papua hanya turun di beberapa nomor saja. Berbeda kali ini, Papua akan turun di semua nomor yang dipertandingkan.

Saat Peparnas XII 2004 Sumatera Selatan, kontingen Papua menempati peringkat 11, kemudian Peparnas XIII 2008 Kalimantan Timur, Papua terus memperbaiki peringkat dengan finish pada urutan 9.

Di tahun 2012, Peparnas XIV Riau, Papua naik dua tangga pada posisi 7. Kemudian Peparnas XV Jawa Barat tahun 2016, Papua kembali naik dua tangga dan menempati peringkat 5.

Nah, untuk Peparnas XVI 2021, sebagai tuan rumah, Papua memiliki jatah untuk mengikuti semua nomor yang dipertandingkan.

Ketua NPC Papua, H. Jaya Kusuma mengatakan, bahwa untuk Peparnas XVI Papua, mereka telah menyiapkan 250 atlet potensial peraih medali pada 12 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

“Sebagai tuan rumah, kita punya peluang besar untuk memperbaiki peringkat. Karena kita turun pada semua nomor yang dipertandingkan. NPC Papua akan menyiapkan sekitar 250 atlet,” ungkap Jaya Kusuma kepada Cenderawasih Pos di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (6/4).

Kata Kusuma, setelah melihat progres latihan atletnya sejauh ini, dengan peta kekuatan calon lawan mereka, ia optimis bisa menempati peringkat ketiga, bahkan juara umum baginya sangat terbuka lebar.

“Keseriusan kami untuk mencapai prestasi kami tunjukan dengan mengirimkan atlet-atlet kami ke luar daerah untuk berlatih. Karena dengan waktu tujuh bulan sisa ini, mereka akan fokus melakukan latihan agar bisa meraih medali emas sebanyak-banyaknya,” ujar Kusuma.

Menurut Kusuma, dari 12 cabang olahraga, NPC Papua akan lebih mendorong kesiapan Cabor Renang dan Atletik. Sebab, kata Kusuma, kedua Cabor tersebut memiliki kans paling besar dalam perolehan medali emas.

“Dari 12 cabang olahraga semua kami unggulkan untuk meraih medali emas. Tapi Cabor Renang dan Atletik adalah Cabor yang mempertandingkan banyak nomor, sehingga peluang besar kita ada di Cabor Renang dan Atletik,” pungkasnya. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *