Disperindag: Stok Bapok Jelang Ramadan Aman

Omah Laduani Ladamay ( FOTO: Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Menyambut hari besar keagamaan yaitu Ramadan yang tinggal beberapa hari lagi,  pastinya menjaga ketersediaan stok pangan dan stabilitas harga pangan di Papua sudah menjadi agenda rutin setiap tahun.

Mesmi di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua memastikan ketersediaan bapok di Papua aman sampai Hari Raya Idul Fitri.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua, Omah Laduani Ladamay mengatakan, ketersediaan beras, gula pasir, telur dan kebutuhan lainnya sampai posisi saat ini dapat dipastikan aman.

“Ketersediaan pangan di Papua pasti aman jika akses kapal putih tetap beroperasi seperti biasa. Namun jika kapal putih alami kendala dalam hal ini pembatasan,  maka secara otomatis akan terjadi kelangkahan stok pangan,”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Selasa (6/4) kemarin.

Diakuinya, selain stok, harga bapok di Papua juga dalam kondisi aman, namun beberapa komoditi pertanian seperti cabai rawit dan tomat memang mengalami kenaikan harga karena faktor cuaca.

“Kami upayakan mendatangkan cabai dari Makasar. Namun saat ini kondisi di Makasar juga sama, dalam situasi curah hujan tinggi dan secara otomatis stok cabai rawit di Makasar juga terkendala. Untuk itu kami akan upayakan jaringan Tol Laut Intra Papua untuk menjaga ketersediaan bapok di Papua,” tambahnya.

Adanya tol laut sangat membantu pemerintah maupun masyarakat mendatangkan stok-stok bapok seperti beras dari Merauke, Telur dari Timika dan beberapa komoditi lainnya yang bisa didatangkan ke Jayapura untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan dan Idul Fitri.

“Pastinya kebutuhan stok bapok selama Ramadan dan Idul Fitri bisa dipastikan aman tersedia. Bahkan kami akan tetap berupaya mendatangkan stok jika kondisi permintaan meningkat,” tambahnya. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *