PB PON Papua Data Seniman Asli Papua

PB PON XX Tahun 2021 Bidang Sosial Budaya saat turun mendata kelompok seniman di Kota Jayapura, Selasa, (6/4). Foto: Noel/cepos

JAYAPURA – Guna menampilkan budaya Papua lewat seni ukir, tari dan musik tradisional pada puncak acara PON XX di Papua Tahun 2021, Bidang Sosial Budaya PB PON XX turun ke empat klaster di Papua mendata kelompok seniman.
Koordinator Bidang Sosial Budaya PB PON Papua, Dr.Septinus Saa, S.Sos., M.Si mengatakan, pendaftaran dan sosial kepada pelaku seni dan kuliner di empat klaster PON XX Papua untuk menyukseskan penyelenggaraan PON Papua.
“Kegiatan ini kami lakukan untuk mendapatkan jumlah rill pelaku seni yang terhimpun dalam suatu perkumpulan seperti sanggar atau grup seni budaya,” ungkapnya, Selasa, (6/4).
Selain untuk mendapatkan data rill pihaknya juga mengkonfirmasi jenis tarian tradisi dan kreasi yang nantinya akan diakomodir pada saat pelaksanaan PON, Khusus pada klaster Kota dan Kabupaten Jayapura.
“Kami mendata sebanyak 30 sanggar atau kelompok dan grup seni budaya baik yang berasal dari masyarakat asli Sentani dan Port Numbay, maupun bidaya lain di tanah Papua,” jelasnya.
Kegiatan ini juga telah ditindaklanjuti dengan penandatangan MoU yang telah dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2021 lalu.
Sementara untuk Merauke juga dilakukan kegiatan yang sama untuk mendapatkan jumlah rill pelaku seni dan jenis tarian tradisi serta kreasi yang kan diakomodir pada saat pelaksanaan PON.
“Untuk klaster Merauke kami berhasil mendata 10 sanggar, kelompok dan grup seni budaya,” tutupnya. (oel/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *